Cara Membersihkan Kasur untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi kasur (pixabay.com)

ilustrasi kasur (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidur di kasur yang bersih tidak hanya memberikan kenyamanan tidur dan tidur berkualitas, tapi juga bagian dari menjaga kesehatan. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui cara membersihkan kasur.

Sebab kasur yang kotor dapat menjadi pusat bakteri. Dari waktu ke waktu, kasur dapat mengakumulasi tungau debu, bakteri, jamur, kulit mati, kotoran, dan alergen yang berbeda. Kasur yang bersih tidak hanya meningkatkan kesehatan dan kualitas tidur, tetapi juga memperpanjang umur kasur dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Seberapa Sering Membersihkan Kasur

Pastikan untuk membersihkan kasur kamu setiap enam bulan untuk mencegah kerusakan besar dan penumpukan kotoran, debu, serta sel kulit mati. Prosesnya lebih mudah dari yang kamu kira dan tidak memakan waktu lama. Kamu harus sering membersihkan kasur jika terdapat peningkatan gejala alergi atau asma ataupun jika kasur sudah kehilangan konsistensinya.

Cara Membersihkan Kasur

Mungkin salah satu alasan orang tidak mau membersihkan tempat tidur mereka adalah karena mereka tidak tahu cara membersihkan kasur mereka. Dikutip dari laman Real Simple, berikut adalah langkah demi langkah cara membersihkan kasur.

Alat yang dibutuhkan:

  • Deterjen
  • Zat aditif cucian (opsional)
  • Vacuum
  • Hidrogen peroksida
  • Baking soda

Instruksi:

1. Angkat kasur dari tempat tidur Anda, lalu bersihkan. Untuk daya pembersihan ekstra, direkomendasikan penggunaan aditif laundry, seperti Micro Balance EC3 Laundry Additive, yang membantu menghilangkan partikel kecil seperti spora jamur, mikotoksin, bahan organik, dan bakteri.

2. Gunakan penyedot debu genggam atau sambungan selang untuk menyedot debu kering dan kotoran dari kasur. Direkomendasikan penyedot debu HEPA dengan sistem filtrasi yang kuat untuk membantu mencapai pembersihan terbersih.

3. Angkat kotoran sebelum pembersihan umum. Direkomendasikan untuk mencampur air dingin dan hidrogen peroksida dengan perbandingan yang sama dan mengoleskannya dengan kain lembut. Bersihkan dengan air dan keringkan area tersebut. Jika kamu membutuhkan deterjen yang lebih kuat, cobalah pembersih kain atau noda.

4. Taburkan baking soda di atas kasur. Diamkan baking soda selama sekitar satu jam untuk menetralkan bau dan bakteri. Sambil menunggu, jika memungkinkan, buka kipas angin atau jendela untuk mengedarkan udara di dalam ruangan untuk menghilangkan bau dan menghilangkan bakteri.

5. Vakum lagi, serap semua baking soda, dan dengan hati-hati singkirkan bubuk yang telah berpindah ke lipatan dan lipatan.

6. Balikkan kasur dan ulangi prosesnya. Lakukan langkah ini hanya jika kasur kamu memiliki dua sisi dan dapat dilipat.

Cara Membersihkan Kasur Busa 

Metode membersihkan kasur kasur busa hampir mirip dengan membersihkan kasur biasa. Namun, hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak busa memori di dalamnya. Deterjen ringan adalah pilihan yang lebih baik. Juga hindari bahan yang terlalu jenuh, karena busa cenderung mempertahankan kelembapan.

Cara Membersihkan Urine dari Kasur

Kamu perlu membersihkan bekas urine di kasur sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda. Rawat area yang terkena urine dengan pembersih enzim dan keringkan secara menyeluruh. Semprot kasur dengan baking soda dan diamkan selama satu jam untuk menyerap bakteri dan bau, lalu vakum dengan baik.

Tips Perawatan Kasur

Rawat kotoran atau kerusakan segera setelah kamu melihatnya untuk menghindari masalah yang lebih besar. Perlu diingat, kasur berpori sangat menyerap, jadi bisa cepat kotor.

Putar atau balikkan kasur. Jika memungkinkan, putar kasur setiap 3 hingga 6 bulan atau saat kamu melihat ada yang kendur atau penyok. Kebanyakan kasur memory foam, pillow toppers, dan kasur hybrid hanya bisa diputar ke satu sisi.

Menambahkan pembersih udara ke rumah merupakan langkah yang baik. Di kamar tidur, alat tersebut mampu menghilangkan partikel kecil, seperti spora jamur dan bahan organik lainnya, dari udara agar tidak menempel di kasur.

JESSYCA GAZELLA | REAL SIMPLE 

Baca juga: Kasur Berdebu sampai Noda Kuning, Ini Tips Membersihkannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."