Kasur Berdebu Sampai Noda Kuning, Ini Tips Membersihkannya

ilustrasi kasur (pixabay.com)

kesehatan

Kasur Berdebu Sampai Noda Kuning, Ini Tips Membersihkannya

Rabu, 3 Juni 2020 17:17 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Berapa lama Anda menghabiskan waktu di atas kasur. Enam jam, delapan jam, atau mungkin sepuluh jam?

Ada orang yang bisa melakukan berbagai aktivitas di atas kasur. Mulai dari tidur, bekerja, nonton film, berolahraga, sampai makan. Tapi ada juga yang hanya menggunakan kasur untuk tidur. Kegiatan yang manapun pasti membuat kasurmu kotor.

Memang kasur umumnya dilapisi dengan seprai. Sebagian orang bahkan menambahkan lagi dengan matras. Namun lapisan-lapisan itu belum tentu mampu membuat kasur tetap bersih. Pasti ada debu yang terselip sampai noda yang tak terlihat di kasur.

Bayangkan, jika tidur saja bisa meninggalkan noda keringat dan minyak tubuh yang meninggalkan noda kuning dari seprai meresap hingga ke kasur, bagaimana dengan mereka yang melakukan berbagai aktivitas di kasur?

Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, Carolyn Forte, menyarankan agar kasur dibersihkan setiap bulan. Anda perlu menggunakan alat, seperti penyedot debu sampai beberapa bahan kimia untuk menghilangkan noda berat.

Untuk membersihkan debu, Forte mengatakan Anda dapat memasang pelapis pada penyedot debu untuk menyaring partikel yang amat halus. Pembersihkan kasur dengan penyedot debut ini sebaiknya dilakukan lebih sering jika ada anggota keluarga yang mempunyai alergi.

ilustrasi kasur (pixabay.com)

Selain di permukaan kasur, debu biasanya terselip di sisi kasur. Pakai alat di penyedot debu agar dapat menjangkau celah kasur dan masuk ke bagian quilting (jahitan berlapis yang tebal). Anda dapat juga membersihkan kasur dengan uap melaui ketel listrik atau alat elektrik. Pastikan uap mencapai bagian-bagian yang tersembunyi di kasur untuk memastikan bersih dari serangga.

Bagi Anda yang terbiasa bermain dengan hewan peliharaan di kasur, perhatikan apakah ada noda yang tertinggal di kasur. Jika ada, pakai spons atau usapkan dengan kain lembap untuk menghilangkan noda tadi.

Apabila noda tak kunjung hilang, buat campuran hidrogen peroksida dan air hangat kemudian semprotkan pada noda. Sikat dengan lembut dan diamkan sekitar 30 menit. Keringkan bagian yang bernoda tadi.