Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Rambut, dan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vitamin E. boldsky.com

Ilustrasi vitamin E. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat vitamin E yang populer adalah "bahan ajaib" untuk kulit dan rambut, tetapi tahukah Anda bahwa vitamin E juga menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan.

Perlu diketahui vitamin E bukanlah vitamin tunggal, melainkan sekelompok vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki sifat antioksidan. Vitamin E larut dalam lemak dan ditemukan dalam berbagai makanan termasuk daging, telur, buah-buahan, minyak sayur, dan sereal.

Banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memenuhi asupan harian mereka, namun yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan harian dengan makanan alami. Vitamin E memainkan banyak peran dalam tubuh kita, tetapi paling dikenal untuk melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Ini adalah vitamin penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut sederet manfaat kesehatan vitamin E yang wajib diketahui

Manfaat vitamin E untuk kesehatan

1. Pembangkit Tenaga Antioksidan

Stres oksidatif adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan ketidakseimbangan antara pertahanan antioksidan tubuh dan spesies oksigen reaktif, yang pada gilirannya menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan kerusakan sel. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang mengurangi stres oksidatif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Ada beberapa faktor kunci yang bertanggung jawab untuk mengembangkan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, dan kadar LDL yang tinggi, dan trigliserida. Menurut penelitian, suplemen vitamin E berpotensi menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

3. Membantu Memperbaiki Gejala Penyakit Hati Berlemak

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) tidak terkait dengan penggunaan alkohol berat, dan menurut penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu memperbaiki beberapa gejala NAFLD.

Sebuah tinjauan tahun 2021 dari delapan studi menyimpulkan bahwa suplemen vitamin E membantu mengurangi kadar ALT dan AST, dan meningkatkan fungsi hati pada pasien dewasa dengan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD).

4. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Vitamin E kaya antioksidan dan dapat membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru serta beberapa gejala asma pada anak-anak dan orang dewasa.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Penting untuk mengonsumsi vitamin E secara teratur karena membantu melindungi kita dari penurunan kognitif.

Manfaat vitamin E untuk Kulit

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Berkat kandungan tokotrienol dan tokoferol, vitamin E adalah pelembap alami yang mengunci kelembapan di kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Ini adalah anugerah bagi orang-orang dengan kulit kering, cukup pijat kulit Anda dengan minyak vitamin E dan lihat keajaibannya.

2. Bantu Mencerahkan Kulit

Aplikasi topikal vitamin E membantu mencegah radikal bebas yang membuat kulit terlihat kusam dan tidak bernyawa, sehingga mencerahkan warna kulit.

3. Melawan Peradangan

Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi yang meningkatkan proses regenerasi kulit, melawan peradangan, dan melindungi kulit dari stres lingkungan. Jadi, vitamin E bisa membuat kulit tampak segar dan bercahaya.

4. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit, oleh karena itu penting untuk melindungi kulit Anda darinya. Gunakan vitamin E untuk melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar UV dan membuatnya selalu lembap serta bercahaya.

5. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Penuaan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan, tetapi itu tidak berarti kita harus berhenti merawat kulit dengan benar. Faktanya, kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya dapat dikurangi jika kita mengikuti perawatan kulit yang tepat dan menjalani gaya hidup sehat. Sifat pelembap dan antioksidan dari minyak vitamin E membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, bintik hitam, dan kerutan.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan, Melindungi dan Menghidrasi Kulit Wajah

Manfaat Vitamin E untuk Rambut

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Vitamin E sarat dengan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan merangsang kapiler, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut.

2. Menambah Kilau Rambut

Rambut rusak terlihat kusam dan keriting. Ada lapisan lemak yang ada di bagian luar kutikula rambut yang melindungi rambut dari kerusakan lingkungan. Ketika lapisan itu dihilangkan, rambut kehilangan kilaunya dan menjadi tidak dapat diatur.

Minyak vitamin E membantu mengganti lapisan pelindung itu, menyegel kelembapan, mencegah kerusakan rambut, dan membuat rambut Anda bersinar alami.

3. Meningkatkan Suplai Darah ke Kulit Kepala

Salah satu manfaat terbaik vitamin E adalah meningkatkan suplai darah ke kulit kepala, yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut Anda terlihat kuat, sehat, serta berkilau.

4. Merawat Kulit Kepala Kering

Vitamin E mempertahankan kelembapan di kulit yang membantu orang dengan kulit kepala kering. Selain itu, sifat antioksidan vitamin E membantu peremajaan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut.

Ulasan di atas adalah beberapa manfaat vitamin E untuk kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan. Jangan lupa, sertakan vitamin E ke dalam menu harian Anda.

PINK VILLA

Baca juga: 6 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E, Ada Bayam hingga Kacang Almond

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."