Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan, Melindungi dan Menghidrasi Kulit Wajah

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan, Melindungi dan Menghidrasi Kulit Wajah

Kamis, 9 Juni 2022 19:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Asupan vitamin Anda tidak harus berhenti dengan satu atau dua multivitamin yang Anda konsumsi setiap pagi. Mungkin produk perawatan kulit Anda sudah mencakup vitamin A, C, dan B3, bagaimana dengan vitamin E?

Menurut ahli kecantikan selebriti, Renée Rouleau, vitamin E adalah antioksidan yang menghidrasi dan menenangkan kulit. Ini paling sering ditemukan dalam pelembap, serum, dan dalam bentuk kapsul khusus yang dapat dioleskan.

Untuk mendapatkan informasi tentang antioksidan kuat ini, beberapa ahli top merinci dengan tepat apa yang dapat dilakukan vitamin E untuk kulit Anda dan mengapa vitamin E merupakan bahan yang sangat berguna untuk menenangkan, melindungi, dan menghidrasi kulit Anda.

Apa itu vitamin E?

Jika Anda ingin mengetahuinya secara teknis, vitamin E (juga disebut tokoferol) adalah antioksidan kuat yang sebenarnya diproduksi secara alami di kulit kita, kata Dr. Zeichner. Tetapi Anda juga akan melihatnya terdaftar sebagai bahan dalam banyak produk perawatan kulit, yang menggabungkan bahan tersebut untuk melindungi dari kerusakan lingkungan akibat paparan sinar matahari, radiasi ultraviolet, dan bahkan polusi.

Ini juga sering terdaftar sebagai bahan bersama vitamin C, dan ada alasan yang sangat bagus mengapa. Meskipun vitamin C memiliki sifat yang serupa, penelitian telah menunjukkan bahwa kedua vitamin sebenarnya bekerja lebih baik bersama-sama untuk melindungi kulit dari unsur-unsur di lingkungan.

“Keduanya bekerja secara bersamaan untuk menstabilkan dan mengisi ulang satu sama lain,” kata Dr. Zeichner. Jadi, jika Anda ingin menambahkan bahan yang sudah kuat ini, carilah produk yang mengandung C dan E.

Vitamin E juga merupakan emolien, yang berarti baik untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Dalam beberapa kasus, sifat anti-inflamasi juga dapat membantu mengobati kulit yang meradang, menurut Dr. Ugonabo.

Apa saja manfaat Vitamin E?

Manfaat terbesar vitamin E adalah perlindungan terhadap radikal bebas di lingkungan, kata Dr. Ugonabo. Seiring waktu, radikal bebas dapat menyebabkan perubahan pada kulit Anda yang tidak hanya mempercepat penuaan, tetapi bahkan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap masalah seperti kanker kulit.

Vitamin E membantu menetralisir efek dari hal-hal seperti polusi dan sinar UV untuk melindungi Anda dan wajah Anda.

Tidak hanya akan membantu kulit tetap sehat, Rouleau mengatakan bahwa vitamin E dapat merangsang sirkulasi dan meningkatkan produksi kolagen, menenangkan iritasi dan menyeimbangkan produksi minyak berlebih. Dia menambahkan bahwa vitamin E juga dapat membantu merehidrasi kulit kering dengan memungkinkan retensi kelembapan yang tahan lama di antara sel-sel kulit Anda.

Vitamin E juga merupakan penenang kulit, juga membantu meningkatkan dan memperkuat penghalang pelindung kulit Anda, yang dapat membantu sensitivitas. Sifat anti-inflamasinya sering kali dapat membantu menenangkan bintik-bintik yang teriritasi atau sensitif juga. "Vitamin E juga vegan," kata Rouleau.

Bagaimana cara menambahkan vitamin E ke rutinitas perawatan kulit?

“Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dalam kombinasi dengan vitamin C, jadi saya sering merekomendasikan serum yang mengandung keduanya,” kata Dr. Ugonabo.

Karena vitamin E adalah teman Anda untuk melawan radikal bebas, Anda harus memakainya di pagi hari sebelum memulai hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Dr. Ugonabo mengatakan itu bekerja paling baik pada kulit yang baru bersih, tetapi jangan lupakan perlindungan matahari Anda juga.

"Cuci wajah Anda, oleskan serum, produk vitamin E, baru tabir surya," sarannya.

Baca juga: Jaga Imunitas dengan Vitamin E, Perhatikan Batas Konsumsi Hariannya

WOMEN'S HEALTH