Cerita Dara Arafah Mantap Berhijab, Ikut Kajian di Pontianak jadi Titik Baliknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dara Arafah mantap berhijab sejak Mei 2022. Foto: Instagram/@daraarafah

Dara Arafah mantap berhijab sejak Mei 2022. Foto: Instagram/@daraarafah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pemengaruh atau influencer, Dara Arafah mantap berhijab usai bulan Ramadan tahun ini, yakni pada Mei 2022. Awalnya, ia hanya berniat memakai hijab selama bulan puasa.  

"Coba ah pakai hijab. Dulu kan, pakai hijab seadanya aja kayak gak cocok di muka aku dan aku gak pernah pede (percaya diri)," ucapnya dikutip dari kanal Youtube The Sungkars, pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Saat berusia belasan tahun, Dara mengaku sempat memakai hijab selama satu tahun.

"Akhirnya, bulan puasa kemarin, coba cari hijab yang emang cocok di aku. Pas aku coba, ih cakep juga di aku. Masya Allah, coba ah pake sebulan ini," sambung perempuan 22 tahun ini.

Selama itu, Dara mengaku sengaja tidak membagikan unggahanya memakai hijab di media sosial. Menjelang 10 hari Lebaran, Dara mengungkapkan banyak mengikuti kajian-kajian untuk mendalami agama Islam. Kala itu, ia memilih ikut kajian di Pontianak, Kalimantan Barat, karena belum banyak mengetahui jadwal kajian di ibu kota dan diajak pula oleh ustaz dan kenalannya yang juga pemilik pesantren. Di sanalah, Dara tinggal selama tiga hari mengikuti kajian.

"Aku ngikutin aktivitas mereka gitu selama tiga hari itu. Pas di sana itu, tadinya aku yang mo coba-coba pakai hijab, saat aku melihat akhlak orang-orang di sana, aku makin malu lagi," tuturnya.

"Di sana aku melihat santri buta tapi hafal Alquran. Itu titik balik aku. 'Ih malu banget, ya. Ini mata dipake buat apa selama ini'. Mereka tidak bisa melihat, tapi mereka hafal Alquran. (sementara) Aku yang punya mata (bisa melihat) belum menuju ke sana (menghafal Alquran). Malu banget," lanjutnya.

Akhirnya, momen itu membulatkan tekadnya untuk mantap berhijab seterusnya, tak hanya saat bulan puasa. "Pas aku pulang kajian dari Pontianak itu, pas mau lepas hijab udah malu," jelasnya.

Meski mengaku sempat ada keraguan dalam diri terkait pekerjaan dan pertemanan, Dara meyakinkan dirinya bahwa hidayah yang datang saat itu harus dijemputnya. Sebab, menurutnya, belum tentu ia akan mendapatkan kesempatan itu lagi.

"Aku merasakan ini hidayah aku, kalau aku lewatkan lagi nih, kalau nanti Allah udah gak peduli, gimana. Aku tuh mikirnya kayak gitu. Kalau aku missed di sini, belum tentu dapat hidayah lagi. Kalau kita gak ambil-ambil, kapan ambilnya," ujar pemengaruh yang bersahabat dengan Keanu Agl dan Fadil Jaidi ini.

"Ibaratnya harus aku paksa, aku harus jemput hidayah aku sendiri," tegasnya.

Dara juga mengungkapkan meminta banyak doa kepada keluarga dan orang-orang sekelilingnya agar tetap istikamah berhijab. Ia meyakini doa-doa tersebut menambah semangatnya. "Aku tuh seneng banget didoain sama orang-orang banyak. Itu yang bikin aku semangat terus buat stay (tetap berhijab)," tandas Dara Arafah.

Baca juga: Cerita Nabilah Ayu Mantap Berhijab, Sempat Ragu hingga Banjir Rezeki

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."