5 Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Agar tubuh berfungsi secara opitmal dan mampu melawan infeksi serta penyakit berbahaya, sistem imun yang sehat diperlukan. Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke dalam tubuh.

Kualitas sistem imun yang baik dipengaruhi oleh pola hidup sehat seperti olahraga teratur, kelola stres hingga tidur yang cukup. Agar kita tidak abai, berikut simak alasan mengapa pola hidup sehat itu penting untuk sistem imun, bahkan berdampak besar dalam meningkatkan fungsinya.

1. Tidur Cukup dan Berkualitas

Untuk memperkuat sistem imun, penting untuk memberi tubuh Anda beristirahat. Respons imun yang sangat baik dimungkinkan oleh kekebalan alami dan fleksibel yang kuat, serta respons yang efektif terhadap imunisasi dimungkinkan dengan mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas.

Tubuh Anda membentuk ritme yang mendorong tidur lebih nyenyak ketika Anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

2. Olahraga Teratur

Tampaknya, olahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga kebugaran sekaligus menangkal penyakit. Karena olahraga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik Anda, ini juga bisa meningkatkan fungsi sistem imun.

Anda harus berhati-hati untuk tidak olahraga berlebihan saat Anda sudah merasa lelah. Sistem imun Anda mungkin melemah jika Anda memaksakan diri saat tidak sehat.

3. Pola Makan

Kita semua tahu bahwa makanan bisa berfungsi sebagai obat. Makanan utuh yang tinggi nutrisi sangat penting untuk kesehatan sistem imun Anda. Memasukkan makanan nabati yang cukup kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, sereal utuh, dan lentil dalam makanan Anda dapat membantu dalam pengembangan dan retensi mikroorganisme, sehingga meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

4. Penuhi Kebutuhan Air

Mengingat manfaatnya yang tak terhitung untuk sistem imun, pentingnya minum air yang cukup tidak dapat diremehkan. Untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan kekebalan, seseorang harus minum cukup air sepanjang hari.

Menjaga tingkat hidrasi Anda dapat membantu Anda tetap sehat, mencegah penyakit, dan membersihkan tubuh Anda. Meskipun minum air tidak akan mencegah Anda dari sakit, tetapi itu membantu tubuh Anda melawannya sehingga Anda pulih lebih cepat.

5. Mengelola Stres

Kapasitas sistem imun Anda untuk melawan infeksi dan penyakit sebenarnya dapat diturunkan oleh stres. Setiap orang mengalami stres secara berbeda, dan begitu juga mekanisme mengelolanya. Mengetahui bagaimana mengenali stres sangat penting mengingat dampaknya terhadap kesehatan Anda.

Baik stres fisik maupun psikologis dapat memiliki efek negatif pada kemampuan sistem imun untuk melawan infeksi jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Setiap orang perlu mempertimbangkan strategi mengelola stres, seperti pernapasan dalam, meditasi, dan teknik lain untuk memperkuat sistem imun.

PINK VILLA

Baca juga: Selain Sering Tertular Penyakit, Dokter Ungkap Tanda Sistem Imun Melemah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."