Selain Sering Tertular Penyakit, Dokter Ungkap Tanda Sistem Imun Melemah

Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

kesehatan

Selain Sering Tertular Penyakit, Dokter Ungkap Tanda Sistem Imun Melemah

Sabtu, 16 Januari 2021 14:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sistem imun atau kekebalan tubuh penting untuk di masa pandemi COVID-19. Kekebalan tubuh yang lemah membuat Anda mudah tertular atau mengalami infeksi berbagai penyakit.

Dokter pengobatan keluarga Abisola Olulade mengatakan, ada beberapa tanda yang bisa dikenali ketika daya tahan tubuh mulai melemah. "Jika Anda terus terkena infeksi, membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari infeksi, atau jika luka Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, Anda mungkin memiliki sistem kekebalan yang lemah," tutur Olulade, seperti dikutip dari Insider, Sabtu, 16 Januari 2021.

Selain itu, Anda sering mengalami pilek, sering terkena infeksi, lelah terus menerus dan stres yang meningkat.

American Psychological Association menyatakan stres dan kesepian jangka panjang dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena stres menurunkan kadar limfosit, sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi. Jadi, jika cenderung sakit setelah ujian atau ditugaskan dalam proyek besar di tempat kerja, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menerapkan manajemen stres ke dalam rutinitas harian Anda.

Tanda lainnya sistem kekebalan tubuh mulai lemah yakni Anda sering mengalami masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, kram dan sembelit.

"Anda dapat memeriksa sistem kekebalan Anda dengan melakukan tes darah untuk memberi tahu Anda apakah Anda memiliki tingkat antibodi yang cukup seperti imunoglobulin, sel darah putih, trombosit, dan sel sistem kekebalan," kata peneliti khusus ilmu gizi, Alex Ruani.

Baca juga: Cara Mengolah 7 Bahan Alami untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Melemahnyaimunitas bisa disebabkan berbagai hal, ada yang bisa dikendalikan da nada yang tidak. Beberapa sebab yang bisa dikendalikan antara lain pola makan, tingkat stres, dan jumlah tidur. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat melemahkan imunitas.

Namun, jika Anda mengalami gangguan kekebalan atau diharuskan minum obat tertentu (seperti obat kemoterapi atau perawatan kanker lainnya) , gangguan autoimun dan HIV atau AIDS, Anda mungkin sulit mengontrol sistem kekebalan Anda.

"Tidak ada pil ajaib untuk meningkatkan sistem imun," kata Olulade.