Mengenal Sebab Dark Spot di Tubuh dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi dark spot. Foto: Unsplash.com/Anastasia Vityukova

kecantikan

Mengenal Sebab Dark Spot di Tubuh dan Cara Mengatasinya

Minggu, 16 Oktober 2022 13:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bintik hitam atau dark spot salah satu masalah kulit yang dialami banyak wanita. Tak hanya di wajah, dark spot juga bisa muncul di area lain di tubuh seperti punggung, lengan, dan kaki. Menurut dr. Imelda Pardede, ada sejumlah tipe dan penyebab dark spot.

"Dark spot di tubuh kita banyak macamnya. Yang pertama, misalnya memang bawaan seperti tahi lalat kecil di salah satu sisi wajah," jelas dokter Imelda di acara peluncuran NIVEA Super 10 Vitamin Body Serum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 Oktober 2022.

"Ada juga yang kita sebut post inflammatory hiperpigmentation, bercak-bercak dark spot yang terjadi setelah proses radang, misalnya setelah luka, bekas jerawat, dan bekas digigit nyamuk," lanjut dokter spesialis kulit dan kelamin yang praktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading

Imelda juga menyebutkan dark spot bisa terjadi akibat penuaan, hormonal, dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Menurut Imelda, selama ini kebanyakan orang lebih menaruh perhatian dark spot di wajah karena bagian tersebut yang terekspos dan tak bisa ditutupi. Padahal faktanya, dark spot bisa terjadi di area tubuh mana pun.

Imelda juga mengingatkan bahwa tipe kulit rada gelap seperti orang Asia paling banyak ditemukan dark spot. Sebabnya jenis kulit orang Asia rentan alami post inflammatory hiperpigmentation.

"Sering banget, abis jerawat sembuh, bekas hitamnya muncul," tuturnya.

Maka dari itu, Imelda mengingatkan pentingnya pemakaian tabir surya atau sunscreen. Mengingat paparan sinar matahari berlebih salah satu pemicu terbesar munculnya dark spot.

"Makin sering kena sinar matahari dan dark spot dibiarkan, jadi makin gelap. Jadi penting sekali memakai tabir surya. Kemudian untuk mempercepat penyembuhan, kadar vitamin dan antioksidan dalam tubuh harus diperhatikan," ungkapnya.

'Kehitaman itu bisa pulih dipengaruhi kadar vitamin dan antioksidan dalam tubuh cukup atau tidak. Vitamin-vitamin seperti vitamin C, A, E, B, dan niacinamide membantu menyamarkan dark spot sekaligus meremajakan sel kulit," sambungnya.

Kandungan vitamin tersebut, lanjut Imelda, dapat ditemukan di dalam skincare, selain dari asupan. Dalam mengggunakan skincare untuk atasi dark spot, Imelda mengingatkan untuk tidak sembarang mengaplikasikannya ke wajah.

"Saat aplikasikan produk perlu diingat, kulit wajah itu sangat tipis dibandingkan kulit punggung dan tangan. Struktur dan ketebalan kulit di area tubuh berbeda-beda. Jadi, gunakan produk dark spot khusus wajah," tuturnya.

Dalam mengaplikasikan produk, Imelda menyarankan setelah mandi. Sebab kondisi kulit lembap membuat produk lebih meresap ke dalam tubuh. Untuk penanganan dark spot lebih lanjut, Imelda menyarankan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan seperti peeling.

Baca juga: Ketahui Masalah Kulit Wajah dan Bahan-bahan yang Bisa Mencegah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika