Mana Lebih Baik, Cuci Muka Sebelum atau Sesudah Menyikat Gigi di Pagi Hari?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang punya rutinitas kecantikan pagi masing-masing. Beberapa di antara kita memulai dengan cuci muka, baru menyikat gigi, atau sebaliknya. Ternyata, ada urutan tepat di antara dua kegiatan itu menurut dokter kulit maupun dokter gigi. Kedua ahli sebut sepakat bahwa menyikat gigi harus selalu dilakukan sebelum mencuci muka.

“Residu pasta gigi dapat mengiritasi kulit wajah,” kata Richard Lipari, dokter gigi kosmetik dan umum di Chappaqua, New York, Amerika Serikat. "Sebab kondisi kulit setiap orang berbeda sehingga sejauh mana kulit dapat terpengaruh tergantung pada orangnya. Anda harus selalu mencuci muka setelah menyikat gigi."

Menurutnya, langkah ini sangat disarankan bagi yang tengah jalani perawatan kulit ataupun kulit sensitif. "Fluoride juga dapat memperburuk rosacea dan jerawat," kata Mary Lupo, dokter kulit bersertifikat di New Orleans, Amerika Serikat. Plus, banyak jenis pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate (SLS).

"SLS adalah bahan sulfat prototipikal yang telah dihilangkan dari produk bebas sulfat," kata Joshua Zeichner, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

"Bahan tersebut iritatif bisa menyebabkan peradangan kulit. Dulu digunakan secara umum dalam pembersih dan pasta gigi karena bertindak sebagai surfaktan untuk membantu menghilangkan kotoran dari kulit dan kotoran dari gigi," jelasnya.

Karena berbusa, residu pasta gigi yang menempel pada kulit di sekitar mulut, bisa menyebabkan iritasi, peradangan, dan kekeringan parah. Kekeringan ini dapat menyebabkan lonjakan produksi minyak yang menghasilkan jerawat. Bahkan jika Anda tidak mengalami iritasi, residu pasta gigi yang menempel pada wajah Anda yang bersih dapat membuat rutinitas perawatan kulit Anda kurang efektif.

Jadi, langkah terbaik adalah menyikat gigi, baru cuci muka. Dengan begitu, kulit Anda akan bebas dari potensi iritasi saat Anda menjalani rutinitas perawatan kulit.

WELL AND GOOD

Baca juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Cuci Muka dengan Cara yang Salah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."