5 Tanda Bahwa Kamu Cuci Muka dengan Cara yang Salah

Ilustrasi cuci muka

kecantikan

5 Tanda Bahwa Kamu Cuci Muka dengan Cara yang Salah

Sabtu, 6 Februari 2021 09:11 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu langkah terpenting dalam rutinitas kecantikan adalah cuci muka. Rutinitas ini dapat menghilangkan minyak berlebih, debu, dan kotoran dari wajah. Mencuci muka juga membantu mengatur kulit agar siap menyerap produk perawatan kulit lebih baik.

Namun, kadang-kadang rutinitas ini tidak optimal seperti yang diharapkan. Misalnya, sudah rajin membersihkan wajah tapi masih sering berminyak dan jerawatan. Cek lagi, apakah rutinitas cuci muka sudah dilakukan dengan benar? Bagaimana mengetahuinya? 

Nah, inilah tanda bahwa rutinitas mencuci muka dilakukan tidak tepat, seperti dilansir Times of India, Jumat, 5 Februari 2021. 

1. Masih ada sisa riasan setelah mencuci mukaJika masih ada guratan bedak di kapas saat mengaplikasikan toner, ini tanda bahwa Anda belum cukup membersihkan wajah. Gunakan micellar water berbahan dasar air atau minyak, sesuaikan dengan jenis kulit, untuk menghapus riasan. Anda juga bisa membersihkan muka dengan dua langkah dengan balm atau diikuti dengan gentle cleanser untuk memastikan semua makeup terangkat. 

2. Kulit terasa terlalu berminyak atau terlalu keringJangan salah menggunakan pembersih. Jika kulit kering menggunakan pembersih yang menghilangkan semua sebum, hal itu akan menyebabkan iritasi pada kulit. Begitu juga jika menggunakan moisturizing cleanser pada kulit berminyak, maka kulit menjadi lebih berminyak.

Pembersih yang tepat akan menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kelembapannya tetap utuh. Karenanya, pilih pembersih yang menangani masalah kulit secara langsung dengan cara yang benar.

Baca juga: 4 Langkah yang Harus Diperhatikan saat Cuci Wajah

3. Kulit kusamPenumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan kekeringan dan kusam. Ini karena sel kulit tidak rata tidak akan memantulkan cahaya. Anda dapat menggunakan pembersih wajah eksfoliasi yang membantu memastikan pergantian sel kulit berlangsung dengan baik. 

4. Produk perawatan kulit dan makeup menumpukJika produk yang diaplikasikan terkelupas dan tidak terserap, bisa jadi karena kulit belum cukup bersih. Ketika tidak membersihkan muka dengan benar, masih ada lapisan film tak terlihat yang menghalangi produk makeup terserap. 

5. Kulit lebih rentan terhadap iritasi dan ruam Jarang cuci muka bisa menyebabkan masalah pada kulit. Tapi, mencuci muka secara berlebihan juga bisa mengganggu lapisan pelindung kulit. Akibatnya, kulit mudah iritasi atau ruam saat terkena produk kosmetik atau perawatan wajah. Untuk kulit normal sebaiknya bersihkan wajah dua kali sehari.