4 Manfaat Masker Teh Hijau untuk Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bubuk teh hijau. Foto: Pixabay.com/Matcha & CO

Ilustrasi bubuk teh hijau. Foto: Pixabay.com/Matcha & CO

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker teh hijau menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Masker ini berkhasiat mengatasi kulit rusak sekaligus membuat kulit lebih bersinar. Seperti kita ketahui bersama, teh hijau memiliki antioksidan penting dan menawarkan banyak nutrisi termasuk vitamin C serta E yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua kandungan tersebut diyakini dapat membuat kulit wajah kenyal dan halus.

Untuk lebih lengkapnya, yuk intip empat manfaat masker teh hijau untuk kulit wajah:

1. Cegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan EGCG yang berlimpah di dalam teh hijau bermanfaat merenovasi sel-sel kulit yang mati atau menurun. Dengan memperbaiki sel-sel kulit Anda, teh hijau dapat dengan mudah melawan tanda-tanda awal penuaan sekaligus membuat kulit tampak kenyal. Selain itu, jumlah vitamin yang layak tersedia dalam teh hijau terutama vitamin B2 menambah kadar kolagen dalam kulit.

2. Menenangkan Iritasi Kulit

Karena memiliki jumlah polifenol yang layak, masker teh hijau diperkaya dengan sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati masalah kulit termasuk iritasi, kemerahan, dan edema, jika diaplikasikan jangka panjang secara teratur. Selain itu, gatal-gatal, luka kecil, dan luka bakar juga bisa diobati dengan masker teh hijau.

3. Atasi Jerawat

Dengan manfaat efek antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri, masker teh hijau sangat bermanfaat dalam mengendalikan minyak sambil memerangi gangguan seperti jerawat. Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau ketika bersentuhan dengan kulit bisa membantu mengurangi produksi sebum yang merupakan penyebab paling umum dari jerawat.

Selain itu, karena sifat antibakterinya, masker teh hijau dapat memerangi infeksi apa pun sambil memberi selamat kepada bakteri dari kulit.

4. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Enam bentuk katekin yang bervariasi tersedia dalam teh hijau, dan yang paling kuat adalah epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG). Kedua zat tersebut membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya. Hasilnya, melindungi Anda dari kanker kulit non-melanoma.

Masker teh hijau mudah disiapkan dan tidak mengandung pewarna, pewangi, dan paraben apa pun. Pastikan untuk menggunakan versi buatan sendiri untuk hasil yang efektif.

PINK VILLA

Baca juga: Masalah Kulit Wajah Perempuan Masa Kini, Gaya Hidup dan Paparan Polusi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."