Veronica Tan Ungkap Tips Merawat Pasien Alzheimer, Dampingi dengan Cinta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Veronica Tan. Instagram.com/@veronicatan_official

Veronica Tan. Instagram.com/@veronicatan_official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Alzheimer Sedunia atau World Alzheimer’s Day diperingati setiap 21 September yang juga disebut sebagaI bulan Alzheimer. Peringatan ini merupakan sebuah kampanye internasional yang diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit alzheimer.

Veronica Tan mendirikan layanan homecare yang diberi nama LoveCare bertujuan untuk merawat pasien secara bertanggung jawab, profesional dan berkualitas. Insipirasi Veronica Tan ini mendirikan LoveCare ini dikarenakan pengelaman personalnya yang menjaga sang ibu yang pernh mengidap suatu penyakit, begitu pula dengan nenek yang mengalami kondisi yang sama yakni Alzheimer.

Ibu tiga anak ini melihat minat dan pentingnya pelayanan berkualitas untuk pasien pascaperawatan rumah sakit. Untuk mencapai perawatan homecare yang baik, perlu integrasi dan kolaborasi antara perawat yang profesional, dokter penanggung jawab pasien, dan teknologi.

"Dan hal yang paling penting ialah kita melayani bukan hanya dari segi medis tapi juga mendampingi dan menganggap pasien seperti orang tua. Kalau cuma medis tapi tidak diajak ngobrol dan tidak ditemani secara batin tidak optimal. Jadi paling utama ialah merawat dengan cinta," ujar Veronica

Dari pengalaman saya pribadi “Memang kita sendiri tidak bisa selalu merawat orang tua sendiri butuh tenaga yang memang ahli dibidangnya, dan kesabaran memang akan selalu diuji namun balik lagi ingatlah bahwa di sebelah kita merupakan orang tua yang sudah dengan keadaan lupa, dan ingatlah kembali bahwa itu bukan dia yang sebenarnya itu adalah orangtua yang mengalami penurunun, maka dari itu terkadang kita juga ketika merawat orang tua butuh me time agar mere charge energi kita dan kembali dengan keadaan yang baik-baik saja,” Ucap Veronica ketika memberikan tips terkait kesabaran

Dengan adanya aplikasi LoveCare ini juga untuk mempermudah pasien dan keluarga dalam membaca riwayat penyakit. Perawat akan mengisi apa saja yang dikerjakan perawat pada hari itu untuk membantu pasien sehingga kita merasa nyaman saat meninggalkan orang tua di rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder Susan Nio menjelaskan tentang bagaimana secara teknis LoveCare sendiri bekerja mulai dari perawat yang direkrut sudah melalui proses seleksi serta dilatih secara jiwa dan raga, sehingga hatinya juga baik untuk melayani pasien.

"Perawat tentu saja kami latih, soalnya ini menyangkut nyawa seseorang, jadi kita seleksi betul kualitasnya. Karena nantinya perawat akan intens datang ke rumah, dan terkadang harus menangani pasien yang kondisinya sudah terminal," tukas Susan. 

Baca: Cerita Veronica Tan Mulai Berbisnis, Sama Sekali Tak Punya Pengalaman

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLON 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."