JFW 2023 Digelar 24-30 Oktober 2023, Lokasinya di Rooftop Pondok Indah Mall 3

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
CottonInk x Nagita Slavina mengangkat Festive Resort sebagai koleksi teranyar mereka/Foto: Doc. JFW

CottonInk x Nagita Slavina mengangkat Festive Resort sebagai koleksi teranyar mereka/Foto: Doc. JFW

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jakarta Fashion Week atau JFW 2023 kembali digelar secara luring pada 24-30 Oktober 2022, setelah dua tahun belakangan dihelat secara virtual akibat pandemi Covid-19. JFW tahun ini juga terasa berbeda karena pemilihan lokasi yang baru.

Seperti diketahui selama 10 tahun terakhir, JFW digelar di Senayan City, Jakarta Pusat, kini bergeser ke Pondok Indah Mall atau PIM 3, Jakarta Selatan. Panggung utama nantinya berlokasi di City Hall, rooftop di lantai 5 PIM 3.

"Kalau dulu adalah tenda, sekarang adalah rooftop di lantai 5 PIM 3. Dan, lalu dari rooftop itu, kita turun ke lantai 3 atau dasar, kita bisa belanja koleksinya dari para desainr,” ungkap Svida Alisjahbana CEO GCM Group & Chairwoman JFW, di konferensi pers virtual, pada Rabu, 7 September 2022.

Andandika Surasetja, direktur kreatif JFW 2023, menambahkan akan ada semangat dan pengalaman berbeda di "rumah baru".

"Ruangan yang sangat luas. Cukup unlimited yang bisa terjadi di sana. Akan ada experience baru, kalau dulu kita terkurung di dalam tenda yang dimensinya cukup one dimention. Jadi, bersiaplah untuk experience baru yang akan dihadirkan nanti oleh JFW dan PIM 3.

Tema JFW tahun ini adalah fashion reformation berkaca dari cara bertahan di masa pandemi. "Pada dasarnya membahas future of fashion karena kita tahu bahwa kita udah pernah mengalami fase kehidupan pandemic, during pandemic, dan post pandemic. Kalau kita lihat segala sesuatu shifting. Kalau dulu kita pengalaman retail tradisional, kemudian bertransformasi dengan e-commerce seperti lazada. Itu ada transormasi di dalamnya, ternyata yang tradisional dan digital ini perlu berjalani beriringan," jelasnya. Selain mendapatkan dukungan penuh dari Pondok Indah Mall sebagai rumah baru  bagi JFW, pihak lain yang turut serta mendukung kelangsungan JFW 2023 ialah InterContinental Jakarta Pondok Indah, serta longterm partners; Paragon Corp. sebagai 
Official Makeup Partner dan L’Oreal Professionnel sebagai Official Hairdo Partner.  Berkolaborasi untuk keempat kalinya, Lazada juga kembali bergabung bersama JFW untuk  menghadirkan pengalaman retail online yang seamless.

Organisasi internasional yang memeriahkan acara tahunan kali ini ialah Australian Embassy Jakarta, Institut Français Indonesia (IFI), Korea Content Creative Agency  (KOCCA) serta Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE) dari Korea  Selatan. Di tahun ini JFW juga secara konsisten menjalin relasi bersama Istituto Marangoni  dalam penganugerahan beasiswa kursus mode bagi para pemenang kompetisi Lomba  Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori, serta Fashion Force Awards  kategori Ready To Wear & Accessories.

JFW 2023 akan berlangsung selama sepekan penuh di penghujung bulan Oktober,  dengan 4 hingga 5 jadwal pertunjukan mode yang imersif setiap hari. Rangkaian fashion show akan digelar secara offline dan disiarkan secara online melalui kanal streaming www.jfw.tv. Sejumlah koleksi istimewa juga akan  tersedia untuk dapat dibeli secara langsung dengan fitur see now buy now via Fashionlink di  PIM III dan Lazada.

Rangkaian pertunjukan JFW 2023 akan ditutup dengan gelaran Dewi Fashion Knights (DFK) yang ikonik. Tahun ini akan hadir dalam format baru, menampilkan DFK kategori luxe ready to wear dan DFK kategori adibusana atau couture.

Baca juga: Tinkerlust dan 3 Merek Fashion Upcycling Produk Preloved di JFW

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."