Beda Usia 6 Tahun, Ini Alasan Mikaila Patritz Mantap Menikah dengan Muhammad Fardhan Khan

(dari kanan) Mikaila Patriz dan suami, Muhammad Fardhan Khan. Foto: Instagram/@mikailapatriz

cinta

Beda Usia 6 Tahun, Ini Alasan Mikaila Patritz Mantap Menikah dengan Muhammad Fardhan Khan

Rabu, 10 Agustus 2022 08:50 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan artis, Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan Khan diketahui nikah muda, di mana Mikaila berusia 18 tahun, sementara Fardhan berusia 24 tahun.

Mikaila mengaku bahwa sebelum menikah, banyak yang tak yakin dengan hubungan mereka karena perbedaan usia enam tahun tersebut. Salah satu contohnya, beragam komentar sinis saat mereka mengajak pasangan ke lingkungan pertemanan masing-masing.

"Jadi kita kebetulan beda umur enam tahun. Di lingkungan pertemanan, 'kok lu pacarannya sama anak kecil', jadi sering dikata-katain lah," kata Fardhan saat acara temu media di Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2022.

"Kalau sekarang mungkin udah enak dilihat, kalau dulu kan masih pakai baju sekolah dan dia pakai batik mau ngantor. Jadi kayak aku pacaran sama om-om," tambah Mikaila.

Apalagi sebelumnya Fardhan selalu berpacaran dengan wanita yang usianya lebih tua. Saat pacaran dengan Mikaila yang baru berusia 15 tahun kala itu, dia langsung menjadi bahan gunjingan di lingkungan sekitarnya.

"Di lingkungan, aku terkenal selalu pacaran sama yang lebih tua. Terus tiba-tiba pacaran sama dia, ya temen heboh, mereka sempat underestimate," imbuh Fardhan.

Mikaila juga mengaku perbedaan usia enam tahun itu kadang membuat keduanya harus berusaha ekstra saat mencoba berbaur dengan lingkungan pertemanan Fardhan, demikian juga sebaliknya.

"Di mana pas aku ketemu sahabat-sahabatnya, jujur aku merasa kayak bocah banget. Terus kalau aku bawa dia juga kayak bingung, karena dia ngerasa kayak jadi bapak," ujar Mikaila.

Meski demikian, Mikaila mantap mengikuti kata hatinya untuk menikah dengan Fardhan. Ia melihat  kepribadian pria yang diidamkannya ada pada Fardhan.

"Mereka bilang, nanti dia merendahkan kamu, takutnya dia treat kamu kayak bocah, bukan sebagai istri yang satu visi misi. Tapi enggak kok, selama kita pacaran, dia enggak pernah merendahkan aku, enggak pernah mempermasalahkan usia. Jadi aku enggak ada keraguan sama sekali," tuturnya.

Di sisi lain, orang tua keduanya juga tak mempermasalahkan perbedaan usia. Meski begitu, saat meyakinkan orang tua untuk menikah, Fardhan mengatakan dia dan Mikaila menunjukkan bahwa mereka memiliki tujuan yang sama tentang rumah tangga.

"Dari dulu kita nunjukkin. Kalau ngomongin bebet, soal ekonomi, jaman dulu mungkin gue harus kaya dulu biar diterima sama keluarga lo, kita harus selevel dulu. Tapi untungnya keluarga kita lebih ke visinya apa, mau kerja di bidang apa, dan strateginya mau gimana," tutur Fardhan.

Layaknya pasangan menikah lainnya, Mikaila dan Fardhan tentu melewati momen di mana mereka mendebatkan sesuatu. Namun, keduanya ternyata sudah mengantisipasi hal tersebut sejak sebelum menikah, sehingga mereka selalu bisa saling berkompromi dan bekerja sama mencari solusi.

"Sebelum nikah, aku sempat ajak dia duduk bareng, kita membahas 'kontrak' pernikahan kita. Intinya, aku enggak mau saat kita menikah, kamu punya ekspektasi yang aku enggak tahu dan sebaliknya, karena nanti akan susah mencari penyelesaiannya," ujar Mikaila.

Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan menikah pada 12 Oktober 2014. Pada 18 Oktober 2016, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Muhammad Arupalaka Caliefah Darmawan Khan.

Baca juga: Beda Usia 10 Tahun, Ini Alasan Arumi Bachsin Menerima Pinangan Emil Dardak