Quality Time ala Ayudia Bing Slamet, Memasak Bareng Anak

Ayudia Bing Slamet (Instagram/@ayudiac)

keluarga

Quality Time ala Ayudia Bing Slamet, Memasak Bareng Anak

Selasa, 9 Agustus 2022 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Ayudia Bing Slamet atau yang dikenal juga dengan Ayudia C mengungkapkan pentingnya quality time atau waktu yang berkualitas bersama anaknya, Dia Sekala Bumi, setiap akhir pekan.

Menurut dia, quality time bersama anak akan menciptakan memori masa kecil yang baik sehingga anak bisa selalu merasa dekat dengan keluarganya.

"Di hari-hari weekdays itu kita disibukkan dengan pekerjaan. Jadi, weekend itu harus benar-benar berkualitas agar jadi kenangan lah. Saat anak udah dewasa, apalagi yang dia ingat selain quality time bersama keluarga," kata Ayudia dalam acara Virtual Press Conference KRAFT Quick Melt, Senin, 8 Agustus 2022. 

Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan Ayudia bersama anaknya adalah memasak. Ayudia bercerita bahwa saat memasak, Sekala sudah bisa berinisiatif untuk membantunya di dapur tanpa harus diajak terlebih dahulu.

"Kalau lagi masak itu, enggak perlu ngajak Sekala. Dia ujug-ujug datang saat udah mencium harum masakannya," ujar Ayudia. "Terakhir bikin cheese bomb. Tanpa aku ngajak dia, pas aku numis dulu lalu udah wangi, eh dia datang. Malah kejunya udah dipotong-potong sama dia," imbuhnya.

Menurut Ayudia, anak-anak memang senang jika dia dilibatkan dalam sebuah kegiatan bersama orang tuanya. Oleh karena itu, saat memasak, Ayudia selalu membolehkan anaknya untuk membantunya seperti memasukkan bumbu ke masakan yang sedang dibuat.

"Dia happy dan buat aku pribadi ini adalah aktivitas yang luar biasa. Dia jadi bisa menghargai makanan yang dia makan karena dia tahu dia buat itu sendiri," tutur Ayudia.

(tengah) Ayudia Bing Slamet bersama suami, Muhammad Pradana Budiarto atau lebih dikenal Ditto Percussion, dan anak pertama mereka, Dia Sekala Bumi. Foto: Instagram/@ayudiac

Sementara itu, Psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan keluarga dapat memanfaatkan kegiatan memasak sebagai aktivitas seru untuk membangun quality time atau waktu yang berkualitas, yang bermanfaat untuk merekatkan hubungan antaranggota keluarga.

"Waktu bersama keluarga tidak harus liburan pergi ke mana-mana, tapi cukup dengan aktivitas sehari-hari yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya memasak," kata Vera.

Menurut Vera, kegiatan memasak akan memunculkan banyak hal termasuk diskusi dan interaksi satu sama lain yang dapat merekatkan hubungan keluarga.

Selain itu, lanjut Vera, bau-bauan yang ditimbulkan saat memasak juga akan membuat anak terus mengingat momen bersama orang tuanya meski dia sudah tumbuh dewasa.

"Penelitian bilang, memori bau itu akan bertahan lama. Jadi kalau anaknya sudah besar lalu mencium bau tertentu, itu akan mengingatkan bau masakan yang waktu itu dimasak bersama. Nah, itu kedekatannya timbul lagi," ujar Vera.

Baca:Ayudia Bing Slamet bagi Resep Risol Simpel untuk Camilan Si Kecil