Cara Menghilangkan Jamur di Baju, Bisa Pakai Cuka, Lemon Atau Garam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mencuci pakaian. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi mencuci pakaian. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti diketahu bahwa musim hujan tidak pernah datang sendiri; tetapi ditambah dengan sejumlah masalah kecil yang kadang menyebalkan, salah satunya adalah pertumbuhan jamur atau jamur pada pakaian.

Jika Anda merasa telah menyimpan pakaian Anda dengan rapi di lemari, periksa kembali. Jamur--yang tampak seperti tepung berwarna putih dengan bintik-bintik hitam--dapat dengan mudah tumbuh pada pakaian yang lembap dan lembab, terutama selama musim hujan, ketika cuaca sebagian besar lembab dan panas, yang merupakan kondisi terbaik bagi jamur untuk tumbuh.

Selama cuaca ini, kelembaban di udara cukup tinggi, akibatnya, pakaian tidak benar-benar kering setelah setiap kali dicuci-- seringnya pakaian yang Anda setrika dan lipat untuk disimpan di lemari sebenarnya lembab, dan menjad tempat berkembang biaknya jamur. Kapas, khususnya, pakaian adalah tempat berkembang biak terbaik bagi jamur untuk tumbuh. 

Berikut adalah cara menghilangkan jamur di baju:

1. Hindari dari sinar matahari

Jauhkan pakaian dan alas kaki Anda di tempat terbuka saat matahari terbenam. Ini akan menghilangkan semua kelembapan dari mereka. Juga biarkan matahari masuk sebanyak mungkin; sesekali, buka pintu dan jendela Anda di hari yang cerah--ini tidak hanya akan bertindak sebagai disinfektan alami, tetapi juga akan menghilangkan bau apek dari rumah Anda.

2. Gel silika

Orang menyimpan kantong gel silika di lemari mereka atau di antara pakaian. Silika menyerap kelembapan dan tidak membiarkan jamur tumbuh di pakaian.

3. Cuka

Cuci pakaian Anda dengan cuka. Tambahkan 3/4 cangkir cuka putih ke banyak cucian dan rendam pakaian Anda dalam campuran tersebut. Cuka akan menghilangkan tambalan jamur DAN bau apek.

4. Lemon dan garam

Ilustrasi lemon. Unsplash.com/Han Lahandoe

Campurkan jus lemon dan garam untuk membuat pasta kental dan gosokkan ke area yang dipenuhi jamur pada pakaian; cuci dan keringkan.

5. Air panas

Ini adalah cara terbaik untuk membunuh spora jamur, atau jika Anda memiliki pengaturan sanitasi/pembunuh kuman pada mesin cuci Anda, gunakanlah.

6. Boraks

Mineral yang larut dalam air ini juga merupakan pembunuh jamur alami, yang dapat Anda beli sebagai deterjen atau dalam bentuk bubuk. Jika Anda mendapatkannya sebagai bubuk, campur dengan air sesuai petunjuk pada label.

7. Bola lampu

Jika memungkinkan, pasang bola lampu bertegangan rendah di dalam lemari Anda. Ini membantu menghasilkan panas ringan, yang mencegah bakteri dan kelembapan.

Baca: 6 Cara Membersihkan Microwave, Air dan Cuka Putih Berperan Penting

INDIATODAY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."