Kiat Membersihkan Microwave dengan Jeruk Nipis dan Baking Soda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi microwave. Wisegeek.com

Ilustrasi microwave. Wisegeek.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Microwave salah satu perpanjangan tangan para ibu saat berada di dapur. Alat yang awalnya berfungsi untuk memanaskan makanan, kini berkembang dengan beragam kegunaan, dari sekadar memanaskan, memanggang, hingga menggoreng. Karena fungsinya yang begitu banyak, alat ini menjadi cepat kotor. Apalagi jika sering digunakan untuk memasak makanan berlemak dan berbau. 

Tapi Anda tak perlu khawatir. Membersihkan microwave bukanlah pekerjaan sulit. Anda tak perlu menggunakan sabun pembersih atau alat khusus, cukup jeruk nipis dan baking soda.

Product Manager for Food Preparation Electrolux Indonesia, Ina Widjojo, mengatakan sisa-sisa makanan atau lemak yang menempel di bagian dalam microwave mudah dibersihkan dengan dua bahan dapur itu.

“Cukup campurkan cairan jeruk nipis dengan baking soda di dalam mangkuk, lalu panaskan di microwave seperti biasa. Diamkan selama 1-1,5 menit,” ucap Ina di rangkaian acara perayaan ulang tahun ke-100 Electrolux di Electronic City SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam waktu tersebut, campuran cairan jeruk nipis dan baking soda akan memanas dan mengeluarkan uap. Uap itu akan menyebar dan menempel di dinding microwave. “Kita tinggal bersihkan pakai lap. Semua bau dan lemak akan hilang,” katanya.

Untuk bagian luar yang biasanya berupa permukaan kaca, Ina menyarankan menggunakan jeruk nipis yang dicampurkan air. Cairan itu ampuh menghilangkan lemak yang biasanya terdapat di bagian luar microwave.

“Bersihkan dengan mengusap satu arah, jangan bolak balik karena itu bisa menimbulkan gores. Gunakan lap katun atau microfiber,” tandas Ina. Siap mencoba?

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."