5 Cara Membersihkan Layar TV

Ilustrasi televisi di ruang keluarga. Foto: Pixabay.com/StockSnap

ragam

5 Cara Membersihkan Layar TV

Rabu, 27 Juli 2022 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Layar televisi atau TV bisa jadi salah satu bagian peralatan elektronik yang terakhir masuk dalam daftar "untuk dibersihkan". Padahal, layar TV mengumpulkan debu dan sidik jari setiap harinya. Penumpukan tersebut bisa menganggu kenyamanan Anda menonton.

Untuk mencegah penumpukan tersebut, lakukan pembersihan layar TV seminggu sekali. "Sangat penting untuk membersihkan layar televisi Anda tidak hanya untuk memperpanjang masa pakainya, tetapi juga untuk memberikan gambar sejelas mungkin—noda, debu, dan sidik jari hilang," kata Kathy Cohoon, profesional kebersihan di Two Maids & a Mop. "Ini bisa membuat perbedaan besar dalam estetika televisi Anda ataupun gambar di layar."

Yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Layar TV

  • Kain microfiber
  • Pembersih ramah layar televisiAlkohol gosok (untuk layar TV tabung)
  • Pembersihan desinfektan (hanya untuk pengendali jarak jauh atau remote control)

Cara Membersihkan Layar TV Flat Plasma, LCD, LED & OLED

1. Matikan televisi

Sebelum membersihkan, pastikan televisi Anda mati. Jika Anda ingin mengambil tindakan pencegahan tambahan, Cohoon mengatakan Anda juga dapat mencabut kabel televisi, tetapi biasanya tidak diperlukan untuk televisi modern.

2. Bersihkan debu layar tv

Membersihkan debu layar tv adalah langkah penting dalam proses pembersihan. "Membersihkan debu-debu akan memastikan bahwa Anda tidak membuat goresan secara tidak sengaja dengan menggosokkan kotoran kasar atau menumpuk ke layar tv," kata Cohoon.

Dia merekomendasikan penggunaan kain microfiber atau kain lembut untuk membersihkan seluruh layar dengan lembut. Jika perlu, balikkan kain (atau ambil kain kedua) untuk menghilangkan semua debu, bulu hewan peliharaan, dan kotoran lainnya. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber untuk menyeka pengeras suara dan kabelnya.

3. Gunakan pembersih yang aman untuk layar tv

Semprotkan sedikit produk pembersih ramah layar tv ke kain lembut, jangan langsung ke layar tv. Kemudian usap TV dengan gerakan maju-mundur.

Ulangi seperlunya untuk menghilangkan area berminyak atau noda sidik jari. Juga, jangan lupa untuk menyeka bagian atas dan bawah TV dengan lembut.

4. Bersihkan noda di layar

"Untuk membersihkan noda, pastikan untuk tidak menerapkan terlalu banyak tekanan, terutama pada layar TV yang lebih halus," saran Leanne Stapf, kepala operasional kantor untuk The Cleaning Authority.

"Jika pembersih noda kain mikrofiber tidak berhasil, saya sarankan menambahkan sedikit air hangat ke kain dan kemudian membersihkannya dengan kain yang dibasahi."

5. Biarkan kering secara alami

Biarkan layar televisi benar-benar kering sebelum menyalakannya kembali. Tunggu selama 15 menit.

Cara Membersihkan Layar TV Tabung Sinar Katoda (CRT)

Layar TV tabung lama dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti di atas, tetapi dengan beberapa variasi.

1. Untuk keamanan, sebaiknya cabut kabel TV CRT Anda sebelum membersihkan.

2. Gunakan kain microfiber untuk menyeka debu, kotoran, atau kotoran lainnya dengan lembut. Anda mungkin perlu membalik kain atau mendapatkan yang kedua untuk menghapus semuanya secara memadai.

3. Usap ke bawah layar. "Karena layar ini sedikit lebih kuat, Anda dapat mencampur alkohol gosok dan air hangat dengan perbandingan yang sama untuk membuat larutan pembersih," kata Cohoon.

"Menggunakan sedikit larutan pada kain lembut, bersihkan seluruh layar, dasar, dan atas," sambungnya. Anda juga dapat menghilangkan sidik jari dengan menggosoknya dengan kain mikrofiber dengan gerakan memutar.

4. Setelah membersihkan televisi, biarkan hingga benar-benar kering sebelum menyalakannya kembali.

Cara Membersihkan Remote Control Televisi

Untuk membersihkan dan mensanitasi remote control, Stapf mengatakan cukup menggunakan lap desinfektan untuk menghilangkan bakteri, kuman, sidik jari, dan residu lainnya. Pastikan lap pembersih lembap, tetapi tidak basah kuyup untuk menghindari cairan masuk ke dalam remote control. Luangkan waktu untuk membersihkan sela-sela tombol karena kotoran dapat dengan mudah menumpuk di sini.

Selain itu, Anda bisa melepas baterai terlebih dahulu, atau Anda dapat membawa remote ke ruangan lain sehingga tidak secara tidak sengaja mengubah pengaturan TV saat Anda membersihkan tombol remote.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Membersihkan Layar TV

1. Lupa membersihkan debu sebagai langkah pertama

"Kesalahan besar saat membersihkan televisi adalah lupa membersihkan debu pada layar sebelum menggunakan bahan pembersih," kata Cohoon. Hal ini dapat menyebabkan goresan kecil yang secara perlahan menurunkan kualitas gambar.

2. Menggosok terlalu keras

Layar televisi modern sangat halus dan membutuhkan sentuhan lembut. Menyeka terlalu keras atau menggunakan kain kasar dapat merusak layar dengan cepat.

3. Menyemprot cairan ke layar tv

Semua pembersih basah harus disemprotkan ke kain microfiber, baru kemudian diseka ke televisi. Menyemprotkan langsung ke layar dapat membuat noda yang sulit dihilangkan. Ini juga membuat Anda berisiko merusak speaker.

4. Menggunakan pembersih yang tidak disetujui

Menggunakan pembersih kaca yang dibeli di toko pada layar TV OLED atau LCD sangat dilarang. Stapf mengatakan, "Produk ini mengandung bahan keras seperti alkohol dan amonia, yang dapat merusak panel layar."

5. Menggunakan terlalu banyak pembersih

Anda hanya memerlukan sedikit pembersih ramah layar televisi. Sebab penggunaan pembersih terlalu banyak berpotensi merusak kelembapan.

REAL SIMPLE