Mandy Moore Cerita akan Melahirkan Anak Kedua tanpa Epidural karena ITP

Mandy Moore. Instagram.com/@mandymooremm

kesehatan

Mandy Moore Cerita akan Melahirkan Anak Kedua tanpa Epidural karena ITP

Sabtu, 30 Juli 2022 10:32 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Penyanyi sekaligus aktris, Mandy Moore mengaku akan mengejan tanpa epidural, salah satu bentuk anestesi atau bius lokal untuk membuat bagian tertentu pada tubuh mati rasa, saat melahirkan anak keduanya. Sebabnya ia mengidap Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP), salah satu gangguan autoimun.

“Trombosit saya terlalu rendah untuk epidural,” aktris itu, 38, mengatakan kepada Today Parents, pada Jumat, 29 Juli 2022.

ITP ialah penyakit yang menyebabkan tubuh mudah memar atau berdarah. Kondisi itu terjadi karena rendahnya jumlah sel keping darah atau trombosit dalam tubuh. ITP bisa dialami orang dewasa maupun anak-anak

Kembali ke Moore, ia juga melakukan proses yang sama saat melahirkan Gus, putranya yang berusia 17 bulan. Baginya, persalinan pertamanya "mengerikan".

“Tapi aku bisa melakukannya sekali lagi. Saya bisa mendaki gunung itu lagi,” katanya kepada outlet tersebut. “Saya berharap obat adalah pilihan – hanya gagasan bahwa itu bagus. Tapi kami hanya akan mendorong maju seperti yang kami lakukan terakhir kali.”

Menurut Mayo Clinic, ITP terjadi ketika sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan trombosit. Jika tidak ditanggapi dengan serius selama kehamilan, itu dapat menyebabkan risiko lebih besar mengalami pendarahan hebat saat melahirkan.

(dari kanan) Mandy Moore bersama suami, Taylor Goldsmith, dan anak pertama mereka, Gus. Foto: Instagram/@mandymooremm

Pada bulan Juni, aktris This Is Us itu kali pertama mengumumkan bakal dikaruniai anak kedua.

"Satu bab yang sangat penting dalam hidup saya baru saja berakhir," tulis aktris itu melalui Instagram, merujuk serialnya di NBC berakhir setelah enam musim.

"Yang berikutnya, sebagai ibu dari dua anak, akan segera dimulai ... dan apakah kami sangat bersyukur dan bersemangat," lanjut Moore. “Baby Boy Goldsmith #2 datang musim gugur ini! Tur akan sedikit berbeda dari yang saya harapkan, tetapi saya tidak sabar.”

Ini bukan tantangan pertama yang dihadapi Moore selama kehamilan keduanya. Bulan lalu, ia harus membatalkan sisa Tur Real Life setelah berjuang untuk menyeimbangkan kehidupan di jalan saat hamil. 

“Ketika kami merancang pertunjukan ini, saya tidak hamil dan meskipun saya benar-benar berpikir saya bisa melewatinya, cara kami bepergian (berjam-jam di bus dan tidak mendapatkan istirahat yang layak) telah berdampak. (Saya) merasa terlalu menantang untuk melanjutkan," tulisnya di Instagram.

“Saya tahu bahwa saya harus mengutamakan keluarga dan kesehatan saya (dan kesehatan bayi saya) dan tempat terbaik bagi saya saat ini adalah di rumah.”

Moore - yang menikah dengan Goldsmith, 36, pada 2018, mengumumkan berita itu dengan berat hati, dia meyakinkan penggemar bahwa mereka akan mendapatkan pengembalian dana penuh untuk tanggal tur yang dibatalkan.

Baca juga: Cerita Mandy Moore Mengasuh Anaknya Sendiri, Lelah dan Sangat Bersyukur