Alasan Kate Moss Bersedia jadi Saksi di Sidang Pencemaran Nama Baik Johnny Depp

Kate Moss. REUTERS

ragam

Alasan Kate Moss Bersedia jadi Saksi di Sidang Pencemaran Nama Baik Johnny Depp

Senin, 25 Juli 2022 09:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Supermodel asal Inggris, Kate Moss akhirnya ungkap alasannya bersedia bersaksi di persidangan pencemaran nama baik Johnny Depp, mantan kekasihnya, melawan Amber Heard pada Mei 2022.

Sebelumnya, Heard pertama kali menuduh bahwa Depp mendorong Moss menuruni tangga selama kesaksiannya di persidangan pencemaran nama baik Depp di Inggris terhadap tabloid Inggris The Sun karena menyebutnya "pemukul istri", menurut New York Post. Pada November 2020, Depp kalah dalam kasus gugatan pencemaran nama baik di Inggris dan pengadilan menguatkan klaim outlet tersebut sebagai "secara substansial benar." Pada Maret 2021, upaya Depp untuk membatalkan keputusan itu ditolak.

Dalam persidangan Depp tahun 2022 di Amerika Serikat melawan Amber Heard - di mana dia menuduh mantan istrinya mencemarkan nama baik dia dalam sebuah opini tentang kekerasan dalam rumah tangga - insiden tangga Moss muncul lagi.

Heard berkata bahwa dia "mengayunkan" Depp untuk membela adik perempuannya, Whitney Henriquez, dan terpicu ketika dia memikirkan "Kate Moss dan insiden tangga."

Kembali ke Moss, di persidangan, supermodel 48 tahun itu menyangkal rumor bahwa bintang Pirates of the Caribbean mendorongnya menuruni tangga saat mereka berkencan antara tahun 1994 dan 1998.

"Saya meluncur menuruni tangga dan saya melukai punggung saya," kata Moss di bawah sumpah pada Mei silam. "Dia tidak pernah mendorong saya, menendang saya atau melemparkan saya ke bawah tangga apapun."

Sekarang Moss menjelaskan mengapa dia mendukung Depp dalam persidangannya di Amerika Serikat tahun ini.

"Saya tahu yang sebenarnya tentang Johnny. Saya tahu dia tidak pernah menendang saya menuruni tangga. Saya harus mengatakan kebenaran itu," kata Moss dalam sebuah wawancara dengan Desert Island Discs dari BBC Radio 4 seperti dikutip People, Ahad, 24 Juli 2022.

Selama persidangan, dalam pemeriksaan silang, pengacara Depp, Camille Vasquez, bertanya pada Heard terkait kemunculan Moss di persidangan "Anda tidak mengharapkan nona Moss bersaksi bahwa itu tidak pernah terjadi, bukan?"

"Salah," jawab Heard. "Saya tahu berapa banyak orang yang akan mendukung Johnny. Jelas di ruang sidang ini berapa banyak orang yang akan melakukan itu."

Heard menambahkan, "Semua orang yang ada di sekitar tahun 90-an dan awal tahu rumor itu. Saya telah mendengar rumor itu dari banyak orang. Tiba-tiba dia "berayun" untuk adikku. Tentu saja aku memikirkan itu."

"Saya tidak mengharapkan dia muncul atau tidak mengharapkan dia muncul. Itu tidak masalah," kata Heard tentang Moss.

"Itu tidak mengubah apa yang saya yakini saat itu, ketika kami berada di tangga dan saya pikir dia akan mencelakai saudara perempuan saya dengan mendorongnya menuruni tangga."

Baru-baru ini, aktris, Amber Heard mengajukan banding atas putusan juri dalam kasus pencemaran nama baik jutaan dolar, di mana dia kalah dari mantan suaminya, Johnny Depp. Dikutip dari AFP, pengacara aktris 36 tahun itu mengajukan banding di pengadilan Virginia, Kamis, 21 Juli 2022.

Juri di persidangan di Virginia pada Juni lalu memutuskan Deep harus mendapat ganti rugi senilai USD10 juta setelah memutuskan artikel di koran yang ditulis Heard pada 2018 adalah pencemaran nama baik.

Depp menggugat Heard atas tulisan di Washington Post yang tak menyebut namanya, tapi dalam tulisan itu Heard menyebut dirinya seorang figur publik yang mewakili kekerasan domestik. Heard, yang balas menggugat, diputuskan berhak mendapatkan ganti rugi USD2 juta.

Baca juga: Kata Pakar Soal Bahasa Tubuh Kate Moss di Sidang Johnny Deep dan Amber Heard

PEOPLE | ANTARA