Gaya Parenting ala Fairuz A. Rafiq, Menjadi Sahabat bagi Anak-anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Fairuz A. Rafiq/Foto: Instagram/Fairuz A. Rafiq

Fairuz A. Rafiq/Foto: Instagram/Fairuz A. Rafiq

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama King Faaz belakangan dikenal sebagai sosok anak yang rendah hati dan pintar membaca Alquran. Fairuz A. Rafiq dan Sonny Septian membagikan cerita tentang gaya parenting yang terbaik bagi anaknya, King Faaz untuk menjadi anak yang baik di canal Youtube Titi dan Tian, 11 April 2022.

Fairuz mengajarkan kepada anak-anaknya, termasuk King Faaz untuk melibatkan mereka ketika bertemu dengan siapa pun tidak perlu membeda-bedakan. “Aku biasa melibatkan dia kek misalkan ketemu sama orang, aku selalu kasih tahu nih ke dia, aku selalu bilang ke dia kek sama pekerja rumah, aku bilang, siapapun yang kamu lihat, itu semuanya sama gak ada yang berbeda,“ terang ibu tiga anak ini. 

Fairuz juga menambahkan bahwa ia juga tidak lupa menjelaskan kepada anak-anaknya untuk menghargai dan menghormati orang yang lebih tua. “Dimata Allah kita tuh gak ada bedanya, semua itu sama, derajat kita itu semua sama, mungkin dari status finansial kita aja yang berbeda, tapi derajat kita semua sama. Tapi abang kalau lihat orang yang lebih tua itu harus dihargai,“ ujarnya. 

Penerapan pola asuh yang dilakukan oleh Fairuz ternyata membawa dampak bagi anak-anaknya yang lebih sopan dan ramah kepada orang-orang yang baru dikenalnya tanpa harus memberikan peringatan-peringatan negatif yang dapat menakutkan sang anak.

Gaya parenting yang dilakukan Fairuz dan Sonny Septian bukan sekadar nasihat, tetapi sebagai contoh yang baik untuk dicontoh sang anak agar bisa menjadi kebiasaan yang baik. “Apa yang aku lakuin sama anak-anak itu sebenarnya gak hanya sekedar nasihat, kak, tapi gimana kita sebagai orang tua itu mencontohkan juga. Mencontohkan biar si anak itu belajar yang terbaik itu kan meniru dari orang tuanya,“

Fairuz juga menceritakan bagaimana latar belakangnya untuk mendidik anak-anaknya seperti yang ia lakukan sekarang karena sang ayah. Ia ingin suatu saat nanti anak-anaknya bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Ia juga tidak memaksa sang anak harus seperti yang diinginkan, tetapi dengan cara merangkul, menjadikannya sahabat, dan diajak cerita.

Baca: Fairuz A. Rafiq Dengar Pendapat Suami Saat Padu Padan Busana

WIBI PUTRI R.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."