Manfaat Minum Teh Daun Kayu Putih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daun kayu putih. Pixabay.com/abeldomi

Ilustrasi daun kayu putih. Pixabay.com/abeldomi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh daun kayu putih termasuk alternatif minuman penambah sistem kekebalan tubuh. Menurut ahli diet terdaftar Brigitte Zeitlin, teh daun kayu putih membantu untuk melawan atau mempersingkat durasi pilek. Secara khusus, teh daun kayu putih dapat membantu memecah kemacetan di paru-paru dan sistem pernapasan Anda, membuatnya lebih mudah untuk bernapas saat tidak enak badan.

Kayu putih kaya akan flavonoid, sekelompok antioksidan alami yang ditemukan di banyak buah, sayuran, dan rempah-rempah. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya flavonoid dapat melindungi dari penyakit kronis seperti kanker, demensia, dan penyakit jantung, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

“Ada sangat sedikit penelitian yang menarik korelasi langsung antara minum daun kayu putih dan penyakit kronis, tetapi ada banyak penelitian yang menarik korelasi antara flavonoid yang merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kayu putih, dan penyakit kronis,” jelas Zeitlin.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa minum teh daun kayu putih akan mencegah pilek dan flu, ada cukup banyak bukti bahwa minuman tersebut bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Will Cole, FMCP, DNM, DC, ahli pengobatan fungsional terkemuka dan penulis buku terlaris, menambahkan bahwa selain membantu mengatasi kemacetan di saluran pernapasan, teh daun kayu putih memiliki sifat antimikroba.

"[Ini] bisa menjadi pengubah permainan untuk membersihkan kemacetan pernapasan dan penuh dengan sifat antibakteri," kata Dr. Cole. Sebuah studi tahun 2010 mengatakan bahwa minyak kayu putih sebenarnya memiliki efek antimikroba terhadap banyak jenis bakteri.

“Dengan menghirup uap minyak kayu putih bermanfaat untuk masalah pernapasan purulen dan non-purulen, seperti bronkitis, asma, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK),” menurut penulis penelitian.

Tidak ada cukup penelitian untuk membuktikan manfaat antijamur dan antimikroba dari teh daun kayu putih secara khusus, tetapi ada bukti jelas bahwa kayu putih dalam berbagai bentuk bermanfaat untuk kesehatan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan.

Cara Membuat Daun Teh Kayu Putih

Jika Anda menyeruput secangkir teh daun kayu putih yang dibuat dari kantong teh yang dibeli di toko, Zeitlin mengatakan bahwa satu hingga dua cangkir sehari sangat baik.Untuk pembuatannya, ikuti petunjuk di label, sebagian besar kantong teh harus direndam selama empat hingga tujuh menit.

Namun, jika Anda membuatnya sendiri, ia merekomendasikan untuk membatasi hanya delapan ons teh daun kayu putih dalam satu hari, karena daun segarnya jauh lebih manjur. Jika Anda menggunakan daun kayu putih segar, biarkan daunnya terendam selama sekitar 10 menit untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya di cangkir Anda.

Jika Anda memilih untuk membuatnya sendiri, Anda juga dapat menggabungkannya dengan bahan peningkat kekebalan tubuh lainnya seperti jahe dan kunyit, kata Zeitlin. "Coba tambahkan 2,5 cm jahe segar atau seperempat sendok teh kunyit bubuk ke dalam secangkir teh daun kayu putih panas.

Dan, seperti kebanyakan makanan dan minuman, jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan OB/GYN Anda untuk memastikan keamanan minum teh daun kayu putih. 

Baca juga: Manfaat Minum Teh Hijau dan Teh Hitam untuk Kesehatan Otak

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."