5 Makanan Ini Bikin Urine Bau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bawang putih. Pixabay.com/Pam de Butler

Ilustrasi bawang putih. Pixabay.com/Pam de Butler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa makanan bisa membuat urine berbau. Contohnya, asparagus, bisa menyebabkan urin Anda berbau khas karena kandungan asamnya yang tinggi. Ketika senyawa ini dipecah selama pencernaan, akan meninggalkan bau bahan kimia yang mengandung belerang seperti metanathiol dan S-metil tioester.

Ternyata asparagus bukan satu-satunya makanan yang bisa membuat urine Anda berbau berbeda. Berikut lima makanan lainnya yang bikin urine berbau, ada yang kurang sedap hingga meninggalkan bau wangi:

1. Kubis Brussel

Jika Anda telah menyantap kubis Brussel akhir-akhir ini, urine akan segera keluar. Ketika tubuh Anda memecah sayuran selama pencernaan, itu menghasilkan metil mercaptan, gas yang terkenal membuat urine Anda berbau kurang sedap.

2. Bawang

Tak hanya membuat Anda menangis, bawang-bawangan, baik bawang putih ataupun bawang bombai, juga dapat membuat urine bau. Seperti kubis Brussel, metil mercaptan terjadi secara alami dalam sayuran. Gas tersebut juga jadi penyebab bau mulut usai makan bawang.

3. Jinten

Jintan mengandung senyawa belerang, itu bisa menyebabkan urine Anda bau sedikit menyengat.

4. Ikan

Ya, makan ikan juga bisa menyebabkan urine Anda berbau amis. Menurut University of California, Berkeley, mereka yang memiliki gangguan metabolisme trimetilaminuria tidak dapat memecah senyawa trimetilamina dengan baik. Karena itu, senyawa tersebut menumpuk dan keluar dari tubuh melalui keringat, napas, dan urine.

5. Nanas

Ternya tidak semua makanan menghasilkan urine berbau busuk. Salah satu yang justru membuat urine Anda berbau harum adalah nanas. Saat Anda makan buah yang tinggi gula, terkadang cairan tubuh Anda juga mulai berbau manis.

Menurut ahli urologi Michael Ingber, MD, ada alasan lain urine Anda berbau, selain makanan. "Banyak hal yang menyebabkan bau urine. Beberapa mungkin normal, yang lain mungkin merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah," katanya. Dr Inger menyebutkan urine berbau bisa disebabkan infeksi, obat-obatan atau suplemen yang dikonsumi, hamil hingga kondisi genetik.

Baca juga: Makanan yang Bisa Bantu Turunakn Berat Badan, Ubi Jalar hingga Yoghurt

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."