Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ubi Jalar hingga Yoghurt

Ilustrasi ubi jalar berbumbu. shutterstock.com

kesehatan

Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ubi Jalar hingga Yoghurt

Sabtu, 4 Juni 2022 20:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda sedang menurunkan berat badan, berikut sejumlah rekomendasi makanan yang bisa bantu proses tersebut. Apa saja jenisnya?makanan tinggi protein dan serat merupakan beberapa jenis makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

Makanan berserat mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan makanan lain. Alhasil, konsumsi makanan berserat dapat membantu merasa lebih kenyang setelah makan dan mengatur kadar gula darah.

Diet dapat memberikan hasil jangka pendek, tetapi sulit untuk dipertahankan dan akhirnya membuat tubuh kehilangan nutrisi penting yang hanya dapat diperoleh melalui makan seimbang.

Hal terpenting lainnya yang harus diingat adalah makan dengan penuh kesadaran. Dengan demikian, memilih makanan yang tepat harus menjadi tujuan Anda. Dikutip dari dari Times of India, berikut enam makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

6 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung rendah kalori dan tinggi serat, serta memiliki banyak air sehingga mudah dicerna. Meski secangkir ubi yang dihaluskan hanya memiliki 249 kalori, tetapi tetap bisa memberi kepuasan makan yang utuh.

2. Labu

Labu merupakan sayuran yang kaya antioksidan yang memiliki jumlah kalori rendah dan padat nutrisi untuk boot. Meskipun satu cangkir hanya mengandung sekitar 80 kalori, tetapi labu tinggi vitamin dan mineral. Kandungan beta-karoten dan karotenoid yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, memberi warna oranye terang pada labu.

Labu mengandung padat nutrisi, bebas kolesterol, bebas natrium, dan bebas lemak. 100 gram labu mentah hanya mengandung 26 kalori sehingga labu merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga menjadikannya camilan yang sangat menyehatkan jantung jika dibandingkan dengan keripik. Adapun, satu ons kenari mengandung 4 gram protein dan 2 gram serat, serta memiliki jumlah kalori di bawah 200.

Kacang Kenari dapat membantu memuaskan rasa lapar dan mereka memiliki lebih banyak polifenol antioksidan di antara kacang lainnya, termasuk kacang tanah dan kacang pohon.

Ilustrasi greek yoghurt (pixabay.com) 

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang kaya akan probiotik dan bakteri menguntungkan yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus. Mengonsumsi yoghurt dipercaya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang membantu mencegah penambahan berat badan.

Yoghurt adalah sumber probiotik yang kaya untuk membantu mengatur usus yang sehat dan nutrisi penting lainnya termasuk protein. Ini bisa menjadi makanan pilihan bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak perut dan mendapatkan perut yang rata. Makanan ini juga kaya akan mineral, terutama kalsium, membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi kelebihan lemak. Satu porsi atau 100g yogurt tanpa pemanis mengandung sekitar 1,7g lemak jenuh.

5. Buncis

Buncis memiliki kaya akan protein dan serat, yang membantu menurunkan berat badan. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu menjaga usus tetap sehat.

Di sisi lain, kandungan protein yang ada di buncis dapat memuaskan rasa lapar Anda. Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi buncis memiliki peluang 53 persen lebih tinggi untuk memiliki Body Mass Indeks (BMI) yang sehat. Dengan makan buncis setiap hari dapat meningkatkan penurunan berat badan sebesar 25 persen.

6. Kacang-kacangan

Protein nabati, seperti kacang-kacangan, dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi. Makanan nabati yang kaya protein ini merupakan tambahan yang bagus untuk sup atau salad karena memberi makanan lebih banyak zat.

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan berserat tinggi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan diet sehat secara keseluruhan, dengan sekitar 120 kalori per setengah cangkir dan 8 gram serat yang mengesankan.

Baca juga: Berikut Daftar Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Stres dan Depresi