Cerita Greysia Polii Melawan Takut saat Menyelam

Greysia Polii. Instagram/greysiapolii

profil

Cerita Greysia Polii Melawan Takut saat Menyelam

Rabu, 29 Juni 2022 21:44 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Atlet Greysia Polii membagikan kisahnya saat melawan rasa takut. Ia membagikan potret saat dirinya sedang berada di Nusa Tenggara Timur. Dia bercerita tentang kejadian aneh yang terjadi pada kondisi psikologisnya beberapa tahun lalu. Peraih emas Olimpiade itu mengungkapkan bahwa dirinya sempat alami ketakutan dengan kedalaman laut usai bertanding di China Open 2019. 

"Sepulangnya dari turnamen China Open, tanpa pikir panjang aku langsung pergi ke Bali untuk diving. Entah kenapa waktu itu aku malah menjadi punya ketakutan; takut banget dengan kedalaman laut," tulisnya di akun resmi Instagramnya pada Jumat, 24 Juni 2022. 

Ia cukup heran dengan ketakutan yang dirasakannya, padahal Greysia Polii telah menekuni olahraga diving selama tujuh tahun saat itu. Ia bisa menyelam setelah mengikuti kursus pada tahun 2012. Menurutnya, ketakutan yang dirasakannya itu seolah dia baru pertama kali diving. "Seolah aku baru pertama kali mau mencoba diving. Rasa enggak nyaman itu muncul entah dari mana," tulisnya. 

Setelah Greysia Polii berpikir, menurutnya rasa takut itu muncul karena faktor psikologis dalam dirinya saat bertanding di China Open 2019. Greysia Polii mengatakan sempat alami stres dan hal tersebut mempengaruhi aktivitas yang disukainya itu. "Setelah aku cari tahu, ternyata ketika bertanding di China Open 2019 itu, aku sedang dalam keadaan stres berat banget dengan banyak tuntutan ke dalam diriku," kata Greysia Polii. 

Karena stres akibat adanya berbagai tuntutan dari berbagai pihak untuk kompetisi tersebut, membuat kondisi mentalnya berada di level yang rendah. Setelah kejadian itu, Greysia Polii bahkan mengaku tidak lagi menyukai olahraga diving selama tiga tahun belakangan. Ia masih merasa takut akan kedalaman laut.

Namun baru-baru ini, Greysia Polii kembali lagi memberanikan diri untuk melawan ketakutannya itu. "Syukur banget hari ini di Taman Nasional Komodo, setelah hampir 3 tahun, keberanian mulai muncul," ungkapnya bersyukur. 

Greysia Polii terpesona oleh indahnya alam Indonesia sejak berkunjung ke Labuan Bajo. Panorama itu membuatnya tergugah untuk mencoba kembali olahraga diving. Dan pada akhirnya dia berhasil untuk menyelam, serta menemukan kembali rasa nyaman itu.

Batu Bolong, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur menjadi saksi bagi Greysia Polii mendapatkan kembali keberaniannya untuk menyelam. Dia juga mengungkapkan bahwa Batu Bolong termasuk ke salah satu destinasi wisata yang ingin dia kunjungi dari lama. "Jadi aku tantang jiwaku. And I gotta tell you, it was truly worth it," katanya.

Baca: Greysia Polii Pensiun, Ketika Usia Tak jadi Halangan Berprestasi

DIAH RETNO ANDANI