Gaya Parenting Nycta Gina dan Rizky Kinos, Pentingnya Memberi Contoh

Nycta Gina dan Desta. Foto: Instagram Nycta Gina.

keluarga

Gaya Parenting Nycta Gina dan Rizky Kinos, Pentingnya Memberi Contoh

Kamis, 16 Juni 2022 15:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Parenting atau pola asuh merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang tua untuk membentuk dan membantu tumbuh kembang anak. Begitu pula dengan yang dilakukan oleh pasangan Rizky Kinos dan Nycta Gina dalam mengasuh anak-anak mereka, salah satunya memberikan contoh.

"Kalau aku tuh sama Kinos tuh lebih kayak nyontohin kalik, yah. Jadi, ya mungkin kayak itu berhasil di anak-anak aku," kata Gina dalam channel Youtube Titi dan Tian, 11 Juni 2022.

Gina juga mengaku jika aktivitas mencontohkan itu dilakukan oleh mereka karena melihat sang anak yang sedikit susah untuk diberitahu hanya lewat kata-kata. Sang suami, Rizky Kinos dan dirinya juga senantiasa selalu mengajarkan dan mencontohkan kepada anak-anak mulai dari hal kecil yang sangat penting seperti mencuci tangan setelah bepergian.

"Kitanya (Kinos dan Gina) juga melakukan itu, jadi anak-anak udah tahu, oh begitu masuk ke rumah langsung ke wastafel dan cuci tangan, gitu," kata Gina menambahkan.

Pada dasarnya, orang tua adalah orang pertama yang anak-anak kenal yang sekaligus menjadi tempat pertama bagi anak untuk menjadi panutan, tempat belajar, dan berkembang melalui apa yang orang tua ajarkan.

Nycta Gina bersama keluarga/Foto: Instagram/Nycta Gina

Dalam video yang berdurasi 33 menit itu, Gina juga menyampaikan bahwa anak-anaknya lebih santai terhadap dirinya daripada sang suami, Kinos yang disegani dan ditakuti anak-anaknya.

Gaya parenting atau pola asuh lainnya yang Gina dan sang suami lakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anaknya yaitu menjelaskan sebab dan akibat dari setiap perbuatan yang dilakukan saat anaknya bermain perosotan dalam posisi yang tidak sesuai.

Dengan memberikan penjelasan sebab akibat tersebut, Gina menjelaskan jika sang anak lebih memahami hal tersebut menjadi sangat berbahaya bagi keselamatan dirinya daripada harus melarangnya melakukan hal tersebut.

"Kalau kita minta Uta sesuatu itu harus jelasin sebab akibatnya. Jadi misalnya Uta kalau Uta naik perosotan misal dengan cara tengkuk kepalanya ke bawah itu bahaya. Kalau misalkan Uta gak boleh gitu dia gak bakal ngerti," kata Gina.

Baca: Rizky Kinos di Mata Nycta Gina: Family Man, Perencana yang Baik, dan Sabar

WIBI PUTRI R.