Gaya Parenting ala Grace Tahir, Memberi Kebebasan dengan Batasan

Grace Tahir. TEMPO/Febri Angga Palguna

keluarga

Gaya Parenting ala Grace Tahir, Memberi Kebebasan dengan Batasan

Rabu, 15 Juni 2022 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua, termasuk ibu memiliki gaya pola asuh dalam mendidik anak yang berbeda, termasuk konglomerat dan pengusaha, Grace Tahir yang  juga punya gaya sendiri. Gaya parenting ala Grace kepada anak-anaknya secara tidak langsung cukup dipengaruhi dari orang tuanya dulu saat mendidiknya.

Ibu tiga putri ini mengaku khawatir bila mengatakan parenting advice keoada orang lain karena merasa tidak sempurna, tetapi kalau bicara gaya parenting ala Grace, ia merasa cenderung tegas kepada kedua anak-anaknya.

"Itulah kenapa anak-anak saya lebih berani tanya ke papahnya, misalnya mereka mau izin ke acara party langsung izin ke ayahnya dulu karena biasanya dikasih izin, ketimbang ke saya," ucap Grace saat ditemui di Hotel Fairmont, Sabtu, 21 Mei 2022.

Grace Tahir. TEMPO/Febri Angga Palguna

"Ya nggak apa-apa lah kalau sudah dapat izin. Intinya saya kasih mereka kebebasan, tetapi juga ada nilai-nilai yang menyertai. Kan kita nggak bisa melarang mereka ya mau kemana. Nilai itu misalnya hati-hati dengan narkoba dan hal-hal yang membayakan lainnya."

Sehingga, pada akhirnya Grace memberlakukan kebebasan dengan batasan yang sudah disepakati. "Misalnya kalau anak muda kan tertarik sesuatu, pengen coba minuman nih, ya mereka harus tau apa efeknya, kan hal itu berisiko. Nah, kenapa enggak kalau kami minum bareng, one day."

Menurut putri Dato Sri Tahir dan Rosy Riadi ini, kesepakatan itu juga berlaku untuk memilih jurusan pendidikan, mereka boleh memilih sendiri mau kuliah apa misalnya, tetapi harus tahu tanggung jawab atas pilihan yang mereka ambil. "Jangan memutuskan kalau tidak bisa menjalaninya," sahut Grace.

(paling kanan) Grace Tahir bersama suami dan ketiga putrinya. Foto: Instagram/@ronaldkumalaputra

Sebagai informasi, konglomerat Grace Tahir ialah sosok inspirasional yang merupakan anak konglomerat pendiri Mayapada Group. Grace sendiri merupakan putri kedua dari pernikahan Dato Sri Tahir dengan Rosy Riady. Bahkan majalah Forbes pada tahun 2019 merilis bahwa keluarga Tahir masuk ke dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

Namanya ramai dilirik netizen usai dirinya membuat video viral parodi satir sebagai reaksinya menyikapi trend gaya hidup ala Crazy Rich muda. Namun sebenarnya, jauh sebelum itu sosok Grace ini sudah lama dikenal beberapa kalangan sebagai anak dari konglomerat kaya Dato Sri Tahir, Sementara sang ibu, Rosy Riadi adalah putri Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Mayapada dan Grup Lippo memiliki lini bisnis yang banyak di Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai direktur rumah sakit Mayapada sejak 2012 lalu, Grace menyelesaikan gelar sarjana ekonomi di Universitas California, Berkeley. Dan melanjutkan studi S2 nya di Universitas Southern California di jurusan akuntansi. Terlahir dengan penuh privilese tak membuat Grace jemawa, sebaliknya sangat low profile atau rendah hati.

Baca: Dampingi Anak Kedua Wisuda SD, Grace Tahir: Kayak Ada Mixed Feelings