Atalia Praratya Ungkap yang Dilakukan Ridwan Kamil Setiap Hari di Sungai Aare

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ridwan Kamil bersama istri dan anaknya meletakkan setangkai bunga di sungai Aare, Bern, Swiss. Foto: IG Jabar Quick Response.

Ridwan Kamil bersama istri dan anaknya meletakkan setangkai bunga di sungai Aare, Bern, Swiss. Foto: IG Jabar Quick Response.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepergian seseorang yang dicintai bukan fase yang mudah dihadapi keluarga, terlebih lagi jika kehilangannya secara mendadak. Hal itu yang tengah dialami keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Selain tak berhenti berdoa dan saling menguatkan satu sama lain, Ridwan Kamil atau Emil ikut turun langsung mencari anak sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut terbawa arus Sungai Aare, di Bern, Swiss, pada pekan lalu.

Kali ini, Atalia sendiri yang memberikan kesaksiannya setelah sejumlah akun mengunggah ulang video Emil berjalan di beberapa rute sungai Aare yang aman dijelajahi manusia menurut otoritas setempat. 

Dua jam lalu, Atalia unggah video yang menunjukkan Emil berjalan di sisi sungai dengan kedalamannya mencapai paha orang dewasa. Dari video yang direkam dari jarak kejauhan itu tampak Emil berjalan sambil memegang tongkat kayu. Sesekali ia berhenti, menggerakkan tongkat, dan melihat ke dalam sungai untuk kemungkinan menemukan jasad Eril.

Emil terlihat mengenakan jaket biru, celana coklat, dan topi fedora putih.

Atalia Praratya Kamil unggah video suaminya, Ridwan Kamil, menyusuri sungai Aare, Swiss, untuk mencari anak sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz, yang hanyut di sungai tersebut. Foto: tangkapan layar Instagram Stories/@ataliapr

Menurut Atalia, itu yang selalu dilakukan Emil selama sepekan ikut mencari putra mereka. 

"Ini yang dilakukan ayahmu setiap hari, ril...," tulisnya di keterangan video.

Sebelumnya, Atalia unggah video yang menunjukkan lokasi hilangnya Eril. "Lokasi sekitar tkp," tulisnya.

Di video itu tampak dasar sungai jernih dan dipenuhi bebatuan dari atas jembatan. Namun, kondisi dasar sungai berbeda saat Eril hanyut, menurut penjelasan Atalia di video itu kepada anak keduanya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zahra.

"Sama sebetulnya, dek. Bedanya adalah waktu itu dia (dasar sungai) keruh," ujar Atalia.

Emil secara resmi melepas putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang dinyatakan meninggal tenggelam di Sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022. Ia membuat unggahan video kegiatannya bersama Atalia Praratya dan Zara selama pencarian jasad Eril di halaman Instagramnya, Jumat malam, 3 Juni 2022. 

Selama upaya pencarian Eril, Ridwan Kamil sempat mengumandangkan adzan di Sungai Aare. Aksinya yang menyentuh itu terlihat dari rekaman video saat ia berdiri di tepi sungai dengan gestur tangannya memperlihatkan tengah memegang telinga, wajahnya lurus ke depan, seolah mengumandangkan azan. Instagram/rkjabarjuara

Di video itu, terlihat arus Sungai Aare dengan suara gemericiknya, saat ia mengumandangkan azan untuk melepas putranya tercinta, mengucap salam perpisahan sebelum pulang ke Indonesia, menghanyutkan setangkai bunga, dan menambatkan bunga dan kenangan nama Eril di batang pohon. Di video itu juga diperlihatkan saat ia memimpin salat gaib di tepi Sungai Aare. 

Pada keterangan video, Ridwan Kamil atau Emil menuliskan pesan untuk Sungai Aare, tempat terakhir jasad Eril bersemayam. "Wahai Sungai Aare, sebagai sesama makhluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan azan terbaikku di hadapanmu," tulisnya. 

Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan Zara sudah kembali ke Tanah Air pada Jumat malam, 3 Juni 2022. Ia menginformasikan hari ini, Ahad, 4 Juni 20202, akan digelar doa bersama di Gedung Pakuan, Bandung. Ia juga menuturkan, pencarian jasad Eril tetap diteruskan hingga waktu tak ditentukan. Untuk koordinasi dengan KBRI Bern dan komunikasi dengan otoritas Swiss perihal pencarian Eril, ke depannya akan terus dilanjutkan oleh adik kandung dari Ridwan Kamil, yakni Elpi Nazmuzaman. Elpi beserta wakil keluarga telah tiba di Ibu Kota Swiss pada Rabu, 1 Juni 2022.

Baca juga: Pulang ke Indonesia, Atalia Praratya Unggah Pesan Mengharukan untuk Eril

SILVY RIANA PUTRI | TEMPO.CO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."