Pentingnya Peran Massa Otot dalam Proses Penurunan Berat Badan

Ilustrasi diet. shutterstock.com

kesehatan

Pentingnya Peran Massa Otot dalam Proses Penurunan Berat Badan

Senin, 30 Mei 2022 12:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika berbicara soal penurunan berat badan, banyak yang berpikir bahwa kita hanya harus menghempaskan lemak di tubuh. Padahal ada pula yang harus diperhatikan yaitu soal meningkatkan massa otot yang ada. Personal Trainer Perempuan dan Fatloss Coach Sari Anisa menjelaskan soal manfaat massa otot dalam proses penurunan berat badan. "Massa otot ini yang bisa dibilang efektif untuk pembakaran kalori dan pembakaran lemak untuk jangka panjang," kata Sari Anisa dalam Live Streaming Instagram Cantika pada Jumat 27 Mei 2022.

Massa otot memiliki banyak manfaat. Sari mengatakan bila dijaga dengan baik, maka massa otot bermanfaat untuk melindungi diri di masa tua. Memiliki jumlah massa otot yang banyak akan mempertahankan performa dan menghambat persentase kenaikan lemak tubuh dan tidak cepat mengalami kegemukan.

"Terbukti untuk temen-temen yang punya massa otot lebih banyak dan lebih aktif relatif tidak lebih cepat gemuk dibandingkan temen-temen yang massa ototnya tidak terjaga. Karena dengan punya massa otot yang banyak itu pembakaran tubuh kita tinggi banget," kata Sari Anisa.

Selain itu, Sari Anisa yang sudah membantu ratusan perempuan dalam penurunan berat badan sejak 2013 ini berbagai manfaat dari mempertahankan dan mengembangkan massa otot di masa tua nanti adalah bisa menjaga performa kesehatan. "Apa yang terjadi pada saat kita start mempertahankan massa otot kita dari sekarang itu sebenarnya bisa memproteksi diri kita di masa tua," kata Sari Anisa.

Untuk mengembangkan dan mempertahankan massa otot yang baik dan benar harus dimulai dari diet dengan mengonsumsi protein yang tepat seperti daging dan menambah asupan karbohidrat.

Tidak hanya itu, beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk mengencangkan massa otot seperti yoga dan aerobik dengan per bagian otot dengan olahraga simple sit-up plang untuk meningkatkan massa otot di bagian perut yang bisa dilakukan di rumah.

Pelatihan otot yang dilakukan bagi pemula memang tidaklah mudah, namun juga bisa diatasi dengan melakukan kegiatannya secara rutin. Ia menyarankan ketika hendak berlatih meningkatkan massa otot, menurutnya jangan saat keadaan letih. Ia pun mengajak masyarakat memilih bagian otot mana yang ingin dilatih. Lalu tentu perlu juga mempersiapkan asupan terbaik untuk tingkatkan massa otot seperti memakan karbohidrat dari nasi merah atau kentang rebus dan protein dari ayam yang disup dan sayuran.

Baca: Cerita Queen Latifah Menolak Turunkan Berat Badan dengan Cara Tak Sehat

WIBI PUTRI K