Manfaat Sehat Konsumsi Telur Ayam Bebas Kandang Sekat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Super Indo supermarket secara resmi meluncurkan Telur Ayam bebas kandang sekat (Cage Free Eggs) merek 365 yang saat ini telah tersedia di semua gerai Super Indo. Sebagai supermarket yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia, Super Indo terus berkomitmen untuk menghadirkan produk asal hewan berkualitas prima, sehat dan aman, serta dan mendukung kesejahteraan hewan.

“Salah satu kebutuhan pokok yang paling diminati adalah telur ayam. 100 persen telur ayam yang kami jual bersumber dari peternakan yang dapat dilacak dan bersertifikat NKV sebagaimana diatur oleh pemerintah Indonesia. Peternakan ayam dengan konsep tanpa kandang sekat hadir menjadi tren yang akan terus berkembang dalam industri telur di dunia dan segera di Indonesia. Karena itu, kami ingin mengambil peran dalam mengedukasi pasar mengenai kebaikan telur yang dihasilkan pada peternakan tanpa kandang sekat atau yang populer dengan sebutan Cage Free Egg.” ungkap Johan Boeijenga, President Director Super Indo.

Super Indo memastikan pelanggan mempunyai pilihan ketika berbelanja di gerai Super Indo, termasuk berbagai pilihan telur ayam. Aksi tentunya bisa mendorong transformasi telur ayam bebas kandang sekat yang bersifat inklusif secara sosial dan juga ramah lingkungan.

General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, Yuvlinda Susanta mengatakan telur ayam merupakan produk asal hewani yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Selain dapat dijadikan makanan utama, telur ayam juga dapat menjadi bahan tambahan dalam membuat berbagai makanan lainnya.

"Oleh karena itu, penting memastikan telur ayam yang tersedia di semua gerai Super Indo berkualitas baik dan memiliki standar kemananan pangan serta kesejahteraan hewan. Kini pelanggan bisa mendapatkan telur bebas kandang sekat (cage-free eggs) di seluruh gerai Super Indo. Ini adalah upaya berkelanjutan dan kami bekerja sama dengan pemasok dan mitra kami agar pasokan tetap aman dan tersedia. Kami berharap bisa menginspirasi pelaku ritel lain di Indonesia untuk bergabung dalam gerakan kesejahteraan hewan,' ucapnya dalam peluncuran cage free eggs di Jakarta, Rabu 18 Mei 2022.

Telur curah yang biasa dikonsumsi masyarakat biasanya berasal dari peternakan ayam petelur dengan kandang baterai, battery caged. Dalam kandang baterai, setiap ayam sengaja dipisahkan oleh sekat di kandang yang sempit. Jadi, ayam hanya akan makan, minum, dan bertelur, tanpa melakukan perilaku alaminya seperti bertengger, berjalan, atau berinteraksi dengan ayam yang lain.

"Telur ayam yang dihasilkan dari peternakan tanpa kandang alias cage free memiliki lebih banyak manfaat sehat. Secara etis, telur ayam cage free akan memberikan ketenangan bagi yang mengkonsumsi karena ayam-ayam petelur sejahtera. Kemudian untuk nutrisi telur akan lebih bernutrisi karena ayam tidak stres dan kandang tentunya lebih hygene sebab ayam-ayam tidak bercampur dengan kotorannya sendiri," kata Yuvlinda.

Dengan demikian, lanjut dia, kesejahteraan ayam-ayam tersebut dapat lebih terjaga dan alami, serta dapat memberikan telur yang lebih berkualitas. “Secara nutrisi telur akan lebih bernutrisi karena ayam tidak stres. Tidak hanya itu, telur yang dihasilkan juga lebih higienis karena tidak bercampur dengan kotorannya sendiri,” ungkap Yuvlinda

Selain itu, lebih jauh dalam penerapan keamanan pangan guna menghadirkan bahan pangan segar yang berkualitas, Super Indo bekerjasama dengan British Retail Consortium Global Standard (BRCGS) untuk melakukan pelatihan dan sertifikasi bertaraf internasional bagi mitra pemasok UMKM terkait standar keamanan pangan dan kepatuhan sosial rantai pasok.

“Di Super Indo, tujuan kami adalah membuat makanan sehat mudah diakses dan terjangkau di mana saja kapan saja. Kami memanfaatkan kesadaran yang meningkat dan keamanan pangan ini ke dalam fokus dan strategi operasi. Kami bertanggung jawab untuk memastikan keamanan pangan terbaik untuk produk dalam hal ini yaitu produk merek sendiri (own brand) sambil juga meningkatkan jejak lingkungan dan sosial. Terlibat lebih jauh ke dalam rantai pasokan dapat membantu memastikan bahwa produk kami lebih berkelanjutan dari produksi hingga konsumsi.” jelas Johan Boeijenga.

Saat ini, Super Indo telah menerapkan standarisasi keamanan pangan yang direkomendasikan oleh Pemerintah Indonesia. Selain itu, guna meningkatkan kapasitas mitra pemasok terutama UMKM, Super Indo mendorong mereka untuk menerapkan standarisasi Keamanan Pangan dan Kepatuhan Sosial berstandar global, salah satunya yaitu sertifikasi BRCGS Start.

“Keamanan pangan merupakan suatu kewajiban yang harus diterapkan bagi pemasok. Produk yang beredar seharusnya mempunyai integritas dan aman bagi konsumen. Untuk memberikan jaminan keamanan pangan tersebut, produsen memerlukan sertifikasi dari lembaga yang kredibel, baik secara nasional maupun global," tambah Donny Ardianta Passa, Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo

Baca: 6 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Mata dan Jantung

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."