6 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Mata dan Jantung

Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

kesehatan

6 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Mata dan Jantung

Minggu, 17 November 2019 19:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita beranggapan bahwa telur ayam kampung lebih baik dibandingkan dengan telur ayam ras. Padahal, kandungan gizi pada telur ayam kampung atau ayam ras (telur biasa) sebetulnya tidak jauh berbeda. 

Kandungan omega 3 pada telur ayam kampung sedikit lebih tinggi dibanding telur ayam ras (0,17% berbanding 0,14%), tapi kedua jenis telur ini sama-sama mengandung kolesterol yang tidak terpaut jauh, tepatnya 163,42 mg/50 gram pada telur ayam kampung, dan 165,38 mg/50 gram pada telur ayam ras. Begitu pula kandungan vitamin A dan E yang dimiliki telur ayam kampung maupun ayam ras cenderung sama saja.

Meski demikian, bagi Anda yang suka mengonsumsi telur ayam kampung, tentu tidak ada salahnya melanjutkan pilihan tersebut. Seperti halnya telur pada umumnya, manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan pun sangat banyak, berikut beberapa di antaranya

1. Kadar vitamin D tinggi

Telur ayam kampung memiliki kadar vitamin D 2-3 kali lebih tinggi dari telur ayam ras. Kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, saraf, dan otak.

2. Menyehatkan mata

Telur ayam kampung juga mengandung antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini dapat menyehatkan mata, terutama mencegah terjadinya katarak dan penyakit mata degeneratif lainnya.

3. Membentuk massa otot

Telur ayam kampung merupakan sumber protein yang baik dan terbukti dapat membantu Anda meningkatkan massa otot. Manfaat telur ayam ini datang dari kandungannya berupa asam amino esensial.

4. Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah

Manfaat telur ayam kampung yang satu ini berhubungan dengan kandungan asam omega-3. Omega-3 terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida, salah satu komponen jahat pada kolesterol dalam darah Anda.

Seperti diutarakan sebelumnya, telur ayam kampung memang mengandung kolesterol jahat, tapi ini tidak serta-merta menaikkan level kolesterol total pada tubuh Anda.

Sebaliknya, konsumsi telur ayam kampung setidaknya 2 butir per hari selama 6 minggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol total Anda menjadi lebih stabil.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Konsumsi telur ayam kampung dapat mengubah struktur kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Perubahan struktur ini mampu meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit jantung.

6. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang tinggi pada telur ayam kampung juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, hal ini sangat membantu karena konsumsi protein bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Label telur ayam kampung maupun ayam ras tidak menjamin bahwa kedua telur ini bebas dari bakteri, terutama salmonella. Untuk mematikan organisme berbahaya ini, pastikan telur yang Anda konsumsi matang sempurna. Hindari mengonsumsi telur ayam kampung mentah. Jika ada, salmonella di dalam telur itu akan ikut masuk ke tubuh Anda.

SEHATQ