5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Cegah Masalah Memori dan Kardiovaskular

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)

Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDaun kelor atau moringa oleifera adalah salah satu tumbuhan yang banyak dikenal karena segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.  Daun kelor terbukti mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Tumbuhan ini kaya akan gizi karena mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, hingga fosfor.

Dengan segudang kadar gizi tersebut, lantas apa saja manfaat yang dimiliki daun kelor bagi kesehatan? Berikut 5 manfaat daun kelor. Meskipun penelitian terhadap daun kelor masih terus dilakukan, tetapi studi awal menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh 

1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah gangguan inflamasi kronis yang memengaruhi banyak sendi, termasuk di tangan dan kaki. Ekstrak daun kelor diketahui dapat menurunkan berbagai masalah kesehatan seperti pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada cairan.

2. Diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa protein seperti insulin yang ditemukan di kelor dapat membantu menurunkan gula darah. Bahan kimia tanaman yang ditemukan di daun dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik, dan itu dapat memengaruhi cara tubuh melepaskan insulin.

3. Kanker

Dalam tes laboratorium, ekstrak daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi bekerja lebih baik. Studi laboratorium lain menunjukkan bahwa daun kelor, kulit kayu, dan akar semuanya memiliki efek anti-kanker yang mungkin mengarah pada obat baru.

4. Mengatasi Masalah Memori

Beberapa ahli berpikir bahwa antioksidan dan bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan lainnya dapat menyembuhkan stres dan peradangan di otak. 

5. Mencegah Masalah Kardiovaskular

Sudah sejak lama daun kelor dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah permasalahan kardiovaskular seperti meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada hewan, daun kelor terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mencegah gangguan pembuluh darah terkait usia.

Baca juga: 4 Cara Mengolah Daun Kelor tanpa Merusak Kandungan Gizinya, Rebus dan Dibuat Teh

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."