Maia Estianty Cerita Masa Kecil: Kita Ngepel, Nyuci Piring, Bersih-bersih

Maia Estianty. Foto: Instagram/@maiaestiantyreal.

keluarga

Maia Estianty Cerita Masa Kecil: Kita Ngepel, Nyuci Piring, Bersih-bersih

Selasa, 17 Mei 2022 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Musikus dan pengusaha, Maia Estianty bagikan kisah masa kecilnya. Salah satu memori yang diingatnya adalah ia dan kelima saudaranya harus melakukan pekerjaan rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga atau ART. Ia ungkapkan memori tersebut saat vlog bareng kedua orang tuanya, Harjono Sigit Bachroensalam dan Kusthini, di kediamannya.

"Bapak ibu nih, waktu kita zaman kecil jarang pake jasa ART atau pembantu di rumah. Kenapa? Karena kita disuruh nyapu, ngepel, nyuci piring, bersihin kamar supaya mandiri," jelasnya dikutip dari vlog yang diunggah ke kanal YouTube-nya, Maia AlElDul TV, Selasa, 17 Mei 2022.

Maia kemudian bertanya kepada kedua orang tuanya, motivasi mereka meminta semua anaknya mengerjakan tugas rumah sendiri. Ternyata, aturan tersebut berkaca dari pengalaman masa kecil mereka masing-masing yang juga dibiasakan mandiri sejak dini.

"Karena kami sendiri mandiri. Sejak kecil, cuci pakaian sendiri, bisa setrika sendiri. Orang tua pegawai negeri," jelas Harjono Sigit yang mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu. Kusthini yang berada di samping Harjono mengamini perkataan suami yang telah menikahinya selama 57 tahun itu.

(dari kiri) Maia Estianty bersama kedua orang tuanya, Harjono Sigit Bachroensalam dan Kusthini. Foto: tangkapan layar Youtube Maia AlElDul TV

Menurut Maia, pekerjaan bebenah itu harus dituntaskan sebelum pergi bermain dengan teman. "Kalau ada teman-teman ke rumah, 'bentar ya, aku setrika dulu'," ujar perempuan 46 tahun itu.

Maia juga mengenang cara belajarnya yang berbeda dari kakak-kakaknya. Maia mudah menyerap materi pelajaran dengan cara melihat atau mendengar sambil bermain, sementara para kakaknya memahami materi pelajaran lewat fokus menghafal.

"Belajar tuh gampang, aku sambil main engklek dibacain cerita tentang pelajaran itu sama kakak-kakak ku. Itu sambil main engklek, itu bisa masuk loh (memahami). Jadi, besok begitu ulangan, aku bisa jawab semuanya. Sambil maen sambil dengerin," kata istri Irwan Mussry itu.

Maia juga mengaku selalu apa adanya sedari kecil. Dia tak pernah menutupi jika sedang tak punya uang kepada teman-temannya, termasuk saat kuliah. Di masa kuliahnya di jurusan komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia, Maia menjadi anak kos dan bepergian dengan angkutan umum. Dengan jujur, Maia mengatakan bahwa ia dengan sengaja mencari teman-teman yang memiliki mobil agar bisa nebeng.

"Aku bilang, gue gak punya duit, guys. Jadi, gue numpang loh, ya. Dan, teman-teman, alhamdulillah, 'ayo sini-sini ke rumah gue'. Karena aku apa adanya bilang bahwa aku lagi gak punya duit. Alhamdulillah ampe sekarang teman-temanku itu masih bermain sama aku," jelas Maia Estianty.

Baca juga: Maia Estianty Bicara Plus Minus Nikah Muda kepada Anak-anaknya