Nirina Zubir Ditipu ART, Simak Cara Memilih Asisten yang Tepat

Nirina Zubir menyampaikan keterangan saat menggelar konfrensi pers terkait kasus mafia tanah yang menjerat keluarganya di Jakarta, Rabu 17 November 2021. Penggelapan aset tersebut berupa surat tanah yang terletak di Jakarta Barat dengan nilai kerugian mencapai Rp17 miliar. TEMPO/Nurdiansah

keluarga

Nirina Zubir Ditipu ART, Simak Cara Memilih Asisten yang Tepat

Kamis, 18 November 2021 15:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Nirina Zubir tersandung kasus soal mafia tanah. Ia merasa telah ditipu oleh Asisten Rumah Tangganya (ART) hingga rugi Rp 17 Miliar. Hal tersebut diungkapkannya dalam konferensi pers pada Rabu, 17 November 2021.

Menurut penuturannya, setidaknya ada 6 sertifikat tanah milik ibunya yang digelapkan oleh ART. Diketahui pula ternyata sang ART yang sudah bekerja dengannya sejak tahun 2009 tersebut merupakan seorang mafia tanah.

Memiliki asisten di rumah memang telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan bagi kehidupan berumah tangga, khususnya bagi pasangan atau orang tua yang sibuk bekerja. Urusan rumah yang tidak ada habisnya, terkadang membuat kita harus mencari asisten yang bisa membantu kegiatan domestik.

Namun, mencari ART yang baik tentu memerlukan serangkaian langkah dan cara agar tidak memilih orang yang salah. Berikut ini tips mempekerjakan ART seperti dilansir Parents.com:

Ilustrasi Asisten Rumah Tangga / Pembantu. changewire.org

1. Cari tahu pengalaman kerjanyaSaat ingin mencari seorang asisten, akan menjadi penting apabila kita telah mencari tahu soal tempat kerja mereka sebelumnya. Cari tahu berapa lama dia bekerja di rumah keluarga yang terakhir, dan sebisa mungking hubungi keluarga tersebut untuk bertanya-tanya. Jika dalam satu tahun diketahui asisten tersebut telah berganti-ganti tempat kerja dalam jumlah yang cukup banyak maka berhati-hatilah.

2. Lakukan wawancaraAsisten rumah tangga merupakan sebuah profesi yang juga memerlukan tahap wawancara sebelumnya. Kita bisa menanyakan alasan apa yang membuatnya keluar dari pekerjaan sebelumnya agar bisa semakin mengenalnya. Jangan tanyakan kepada mereka terkait rencana hidupnya pada beberapa tahun mendatang, tapi tanyakan pada mereka apa pandangannya terhadap rumah yang bersih, disiplin, dan kerapian.

3. Lakukan uji coba dan surat perjanjianSetelah menemukan ART yang tepat, kita perlu untuk melakukan masa uji coba sebelum akhirnya memberikan pekerjaan tetap kepada mereka. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat mengobservasi perilakunya, dan mengetahui apakah ART ini betul-betul yang kita cari selama ini.

Jika sudah mantap dengan pilihan yang ada, buatlah kontrak perjanjian kerja yang menuliskan soal harapan kita sebagai pemberi kerja. Hal ini penting untuk dilakukan agar asisten tahu apa yang perlu dilakukannya.

Baca: Angkat Isu KDRT, Paranoia Ingatkan Efek Kekerasan yang Tak Mudah Dilupa

LAURENSIA FAYOLA l PARENTS