Cara Sandra Dewi Bangun Bonding dengan Anak, Ngobrol Intens Sebelum Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sandra Dewi memutuskan untuk membuat chanel Youtube. (Tangkapan layar Youtube)/Sandra Dewi)

Sandra Dewi memutuskan untuk membuat chanel Youtube. (Tangkapan layar Youtube)/Sandra Dewi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikatan emosi atau bonding antara ibu dan anak tidak bisa muncul dengan sendirinya, tanpa ada pendekatan yang dilakukan. Banyak ibu yang belum memahami cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan emosi dengan anak sejak dini.

Salah satu selebritis, Sandra Dewi berbagi momen penting bonding bersama kedua buah hatinya Raphael Moeis dan Mikhael Moeis, Istri Harvey Moeis ini sudah menerapkannya sejak dini. "Aku biasanya bonding time kalau nggak di rumah seharian, pas mereka mau tidur. Mereka tidurnya sendiri-sendiri, tapi aku nemenin ngobrol," ucap Sandra.

Walaupun kerja seharian, tapi Sandra merasa hal itu jadi quality time atau waktu yang sangat berkualitas bagi hubungan mereka. "Misalnya kaya pertanyaan di rumah ngapain? Pas Mami kerja main apa? Senang nggak hari ini, rasanta pas ngobrol sama mereka pau tidur tuh jadi seru banget," ucap Sandra seperti dikutip dari laman Reels Sandra Dewi dan Tentang Anak, Senin 16 Mei 2022.

Momen tersebut sudah dibiasakan oleh Sandra sejak anak-anak masiih kecil. "Misal ajak pelukan dan kiss dulu, saat itu bener-bener berkualitas walau cuma setengah jam tapi rasanya sudah jadi bonding time banget ya, bisa menatap langsung, berdoa bareng," sahutnya.

Seperti yang dilakukan oleh Sandra Dewi jika melansir dari Kids Health, bonding ialah sebuah proses panjang, bukan sesuatu yang terjadi dalam hitungan menit dan bukan sesuatu yang harus dibatasi untuk terjadi dalam jangka waktu tertentu setelah kelahiran. Bagi banyak orang tua, ikatan adalah produk sampingan dari pengasuhan sehari-hari. Anda mungkin bahkan tidak tahu itu terjadi sampai Anda mengamati senyum anak Anda dan tiba-tiba menyadari bahwa Anda dipenuhi dengan cinta dan kegembiraan.

Ikatan atau bonding antara anak dengan orang tua juga membantu anak-anak belajar tentang dunia – apakah dunia ini aman dan tenteram, apakah mereka dicintai, siapa yang mencintai mereka, apa yang terjadi ketika mereka menangis, tertawa atau membuat wajah, dan banyak lagi.

Anda dapat membangun bonding bersama anak Anda antara lain dengan:

1. Berada di saat anak sedang membutuhkan kehadiran Anda
2. Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak Anda
3. Menciptakan lingkungan yang saling percaya dan saling menghormati.

Baca: Kisah Sandra Dewi yang Sempat Jarang Kunjungi Dokter Gigi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."