Pentingnya Menjaga Nutrisi Selama Ramadan, Siapkan Protein dan Asupan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Nutrition Talk oleh Herbalife/Herbalife

Nutrition Talk oleh Herbalife/Herbalife

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan Herbalife Nutrition mencoba memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman dalam industri nutrisi secara global. Kecukupan nutrisi selama Ramadan sangat perlu dipikirkan. Pada bulan puasa ini, kecukupan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga tubuh dalam keadaan fit dan sehat saat menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. “Kami percaya, dengan pengetahuan yang cukup terkait nutrisi akan membantu masyarakat dalam upaya memenuhi kesehatan dan kesejahteraan untuk jangka panjang,” kata Andam Dewi dalam Nutrition Talk bertema pentingnya menjaga asupan nutrisi yang berkualitas selama bulan Ramadan pada Jumat 15 April 2022.

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan menyampaikan beberapa panduan bagaimana menjaga asupan nutrisi berkualitas sebagai kebiasaan selama Ramadhan. “Saya tahu bahwa ini bisa menjadi sangat menantang. Namun, terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting selama berpuasa,” ungkap Dana Ryan pada kesempatan yang sama.

1. Protein

Protein terdiri dari asam amino, protein dan asam amino ini adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot dan organ kita. Ketika kita mengonsumsi protein makanan, tubuh kita akan memecah menjadi asam amino individu selama pencernaan dan kemudian menggunakan asam amino ini untuk membuat protein baru di seluruh tubuh. Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi.

Setelah memahami peran protein dalam tubuh, ada 3 manfaat utama protein.

1. Untuk membantu menjaga rasa lapar, protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
2. Dengan mengonsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme.
3. Meningkatkan metabolisme membantu Anda membakar kalori lebih cepat, dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kelompok nutrisi utama dan menyediakan energi bagi tubuh sebagai glukosa (gula darah). Berikut manfaat utama karbohidrat bagi tubuh antara lain;

1. Sumber bahan bakar utama bagi tubuh.
2. Menyediakan fitonutrien dan antioksidan.
3. Menyediakan serat.
4. Memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Lemak

Lemak merupakan nutrisi utama seperti karbohidrat dan protein, tetapi jumlah kecil yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pola makan yang tepat dan lemak juga dibutuhkan untuk memberi energi (kalori) pada tubuh.

Memilih makanan yang mengandung lemak Omega-3 dibandingkan Omega-6 akan lebih baik sehingga dapat membatu Anda memberikan tubuh nutrisi yang cukup dan memberikan energi. Lemak Omega 3 dapat ditemui pada kacang almon, ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral dapat mendukung pertumbuhan, dan pemeliharaan fungsi tubuh secara alami. Ada dua kategori vitamin yaitu larut dalam air dan larut dalam lemak, untuk kategori larut dalam air tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi terlalu banyak, dan jika mengonsumsi terlalu banyak tubuh akan membuangnya. Vitamin tidak menghasilkan energi (kalori) dan bisa hilang selama penyimpanan dan proses pengolahan.

Sementara untuk vitamin yang larut dalam lemak antara lain Vitamin A, D, E dan K. Dalam proses penyerapan tubuh membutuhkan lemak dalam jumah kecil, kandungan vitamin ini tidak hilang selama proses pengolahan dan penyimpanan.

Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, Dana Ryan menyebutkan beberapa tips yang dapat membantu menjaga asupan nutrisi yang berkualitas selama bulan Ramadan:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.
2. Memastikan untuk terhidrasi yang cukup.
3. Mengonsumsi protein yang cukup
4. Fokus pada mikronutrisi, untuk membantu tubuh dapat mengatur semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.
5. Menjaga tubuh tetap aktif, akan membantu meningkatkan energi dan membantu kesehatan mental, dengan menggabungkan gerakan dengan nutrisi yang baik bekerja sama.

Baca: Persiapan Nutrisi sebelum Lari Maraton, Makan Karbohidrat Glikemik Rendah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."