Ketahui Alopecia yang Dialami Jada Pinkett Smith, Penyebab dan Perawatannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jada Pinkett Smith (Instagram/@jadapinkettsmith)

Jada Pinkett Smith (Instagram/@jadapinkettsmith)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lelucon tentang kepala Jada Pinkett Smith menjadi momen paling mengejutkan dari Academy Awards tahunan ke-94, Ahad, 27 Maret 2022. Sebelum memberikan penghargaan untuk Film Dokumenter Terbaik, Chris Rock menyimpang dari topik pembicaraan untuk membahas nominasi Aktor Terbaik tahun ini, termasuk suami Pinkett Smith, Will Smith. Dia bicara tentang gaya rambut Pinkett Smith yang dicukur mirip Angkatan Laut Demi Moore di G.I. Jane.

Jada Pinkett Smith memutar matanya sementara penonton tertawa gugup. Kemudian, di saat yang paling tidak terduga malam itu, bintang King Richard, yang kemudian memenangkan Oscar Aktor Terbaik, berjalan ke arah Rock dan "memukul" wajahnya.

Penonton di Teater Dolby tercengang, tidak yakin apa yang memicu kemarahan Will Smith. Ternyata lelucon Rock sangat pribadi untuk aktor dan istrinya, yang telah mengalami kerontokan rambut karena gangguan autoimun alopecia. Gangguan ini berdampak pada folikel rambut, mengakibatkan bintik-bintik botak dan rambut rontok.

Perempuan 50 tahun ini cukup terbuka tentang masalah kerontokan rambut selama bertahun-tahun. Dia pertama kali mengungkapkan informasi tersebut kepada publik pada 2018 di serial Red Table Talk-nya.

Will Smith dan Jada Pinkett Smith menghadiri acara pemberian penghargaan Oscar 2022, Ahad, 27 Maret 2022 (Instagram/@theacademy)

"Banyak orang bertanya mengapa saya memakai turban. Yah, saya belum membicarakannya. Tidak mudah untuk membicarakannya, tetapi saya akan membicarakannya," katanya.

Aktris itu mengatakan kondisi ini mengerikan ketika pertama kali dimulai. "Saya sedang mandi suatu hari dan hanya mendapat segenggam rambut di tangan saya dan saya berkata, 'Ya Tuhan, apakah saya akan botak?'" tambahnya. "Itu adalah salah satu saat dalam hidup saya di mana saya benar-benar gemetar ketakutan. Itu sebabnya saya memotong rambut saya, dan mengapa saya terus memotongnya."

"Sekarang pada titik ini, saya hanya bisa tertawa," katanya dalam video Instagram pada Desember 2021 saat dia mengusapkan jarinya di garis botak di kulit kepalanya.

"Jadi itu muncul begitu saja dan ini akan menjadi lebih sulit untuk disembunyikan. Jadi, saya akan membagikannya sehingga kalian tidak mengajukan pertanyaan apa pun."

Pada satu titik waktu, Pinkett Smith mengatakan dia melakukan suntikan steroid kecil untuk menengahi masalah kerontokan rambutnya. itu membantu sedikit, tapi tidak menyembuhkan. Pinkett Smith memulai debut gaya rambutnya yang dicukur Juli lalu. Dia mengatakan itu terinspirasi dari putrinya Willow Smith.

Apa itu Alopecia?

Alopecia adalah suatu kondisi yang menyebabkan rambut rontok di bagian-bagian kecil, yang mungkin tidak terlalu terlihat. Namun, tambalan ini mungkin terhubung, dan kemudian menjadi terlihat. Kondisi ini berkembang ketika sistem kekebalan menyerang folikel rambut, yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Kerontokan rambut secara tiba-tiba dapat terjadi pada kulit kepala, dan dalam beberapa kasus alis, bulu mata, dan wajah, serta bagian tubuh lainnya. Itu juga dapat berkembang perlahan dan berulang setelah bertahun-tahun di antara kejadian.

Kondisi ini dapat mengakibatkan rambut rontok total, yang disebut alopecia universalis, dan dapat mencegah rambut tumbuh kembali. Saat rambut tumbuh kembali, kemungkinan rambut akan rontok lagi. Tingkat kerontokan dan pertumbuhan kembali rambut bervariasi dari orang ke orang.

Penyebab Alopecia

Sistem kekebalan pada penderita alopecia areata bekerja secara tidak normal dan menyerang folikel rambut itu sendiri. Akibatnya, folikel rambut menyusut dan berhenti memproduksi rambut. Ada rambut rontok.

Penyebab tindakan sistem kekebalan yang salah didiagnosis ini masih belum diketahui. Namun, ini sering terjadi pada keluarga dengan riwayat penyakit autoimun lain seperti diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis, penyakit tiroid, lupus , vitiligo, dan kolitis ulserativa . Kemungkinan besar, alopecia areata disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Saat ini tidak ada obat untuk alopecia. Namun, ada perawatan yang dapat membantu rambut tumbuh kembali lebih cepat dan dapat mencegah kerontokan rambut di masa mendatang, serta cara untuk menutupi kerontokan rambut.

Seperti apa perawatannya?

Suntikan

Suntikan steroid adalah pilihan umum untuk alopecia ringan dan tidak merata untuk membantu rambut tumbuh kembali di tempat yang botak. Jarum kecil menyuntikkan steroid ke kulit telanjang di daerah yang terkena.

Perawatan harus diulang setiap satu sampai dua bulan untuk menumbuhkan kembali rambut. Itu tidak mencegah kerontokan rambut baru terjadi.

Perawatan oral

Tablet kortison kadang-kadang digunakan untuk alopecia yang luas, tetapi karena kemungkinan efek samping, Anda harus mendiskusikan pilihan ini dengan dokter.

Imunosupresan oral, seperti metotreksat dan siklosporin, adalah pilihan lain yang dapat Anda coba. Mereka bekerja dengan menghalangi respons sistem kekebalan, tetapi mereka tidak dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama karena risiko efek samping, seperti tekanan darah tinggi, kerusakan hati dan ginjal, dan peningkatan risiko infeksi serius dan jenis kanker yang disebut limfoma.

Terapi cahaya

Terapi cahaya disebut juga fotokemoterapi atau fototerapi. Ini adalah jenis perawatan radiasi yang menggunakan kombinasi obat oral yang disebut psoralen dan sinar UV.

Baca: Jada Pinkett Smith Pakai Headpiece Rp662 Juta di Critics Choice Awards 2022

MILA NOVITA | HEALTHLINE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."