Tips Menyimpan Stroberi agar Tahan Lama, yang Utuh jangan Dicuci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika disimpan dengan benar di kulkas, buah stroberi bisa segar hingga satu minggu. Ada sejumlah tips menyimpan stroberi, salah satunya ditempatkan di dalam wadah kedap udara. Yang utama perlu diingat adalah jangan mencuci stroberi utuh sebelum dimasukkan ke wadah

Metode penyimpanan lainnya adalah dengan handuk kertas. Tempatkan handuk kertas yang bersih dan kering ke dalam wadah kedap udara dan taruh stroberi yang belum dicuci di atasnya. Pastikan ditutup dengan rapat dan letakkan wadah di lemari es.

Kiat ketiga adalah menggunakan larutan cuka. Rendam stroberi dalam larutan cuka (perbandingan larutan adalah satu cuka, tiga air) selama beberapa menit. Kemudian tiriskan, keringkan, dan letakkan di atas handuk kertas bersih dalam wadah kaca. Pasang tutupnya dengan longgar dan simpan di kulkas.

Kiat menyimpan stroberi potong

Untuk stroberi yang sudah dipotong, bungkus dengan rapat menggunakan bungkus plastik atau aluminium foil. Ingatlah, sekali stroberi dicuci dan dipotong, mereka akan membusuk lebih cepat daripada buah utuh yang tidak dicuci. Umumnya, stroberi potong hanya bertahan tiga sampai empat hari di kulkas

Cara menyimpan stroberi puree

Simpan puree dalam wadah kedap udara selama tiga hingga lima hari di lemari es. Anda juga dapat membekukan puree hingga tiga bulan. Saat Anda ingin menggunakan puree, cukup pindahkan dari freezer ke lemari es. Biarkan mencair semalaman. Jika Anda terburu-buru, panaskan dalam microwave selama 20 hingga 30 detik.

Bisakah Anda Membekukan Stroberi?

Jawabannya, bisa. Tidak seperti buah lainnya, stroberi dapat dibekukan dalam hampir semua bentuk—utuh, dibelah dua, diiris, atau bahkan dihancurkan.

Untuk membekukan stroberi potong, letakkan buah beri dengan sisi yang dipotong ke arah bawah di atas loyang kue berlapis kertas lilin. Bekukan stroberi selama beberapa jam, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara dan masukkan kembali ke dalam freezer. Saat menggunakan metode ini, stroberi beku bisa bertahan selama 10 hingga 12 bulan.

Untuk mencairkan stroberi beku, cukup pindahkan dari freezer ke lemari es. Biarkan selama enam jam. Anda juga dapat mencairkan stroberi dengan mengalirkannya di bawah air dingin setidaknya selama 30 menit, atau dengan menempatkannya dalam mangkuk di dalam mangkuk yang lebih besar yang berisi air dingin. Cara ini memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit.

Perhatikan bahwa, setelah dicairkan, stroberi akan tampak sedikit lebih gelap, dan memiliki tekstur yang jauh lebih lembut, jadi Anda mungkin tidak ingin menggunakannya untuk menghias kue atau pai berry. Namun, stroberi tersebut cocok untuk smoothies atau pugasan yoghurt dan sereal.

Baca juga: Intip 10 Makanan Favorit Selebriti Korea, Ada Kimchi Hingga Stroberi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."