Kreasi Resep Smoothie Stroberi yang Menyegarkan di Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi smoothie stroberi. Shutterstock

Ilustrasi smoothie stroberi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minuman sehat dan menyegarkan seperti smoothie ternyata mudah dibuat sendiri di rumah. Smoothie terbuat dari buah-buahan yang segar dan kaya manfaat seperti pisang, kiwi, anggur, hingga stroberi. Selain berbahan baku buah-buahan, smoothie juga ada yang dibuat menggunakan sayuran dengan campuran sirup gula atau gula pasir, susu tawar cair dan es batu. 

Dilansir dari Jurnal Teknik Pangan Universitas Muhammadiyah Semarang, tekstur smoothie lebih pekat dibandingkan jus. Sebagian orang ada yang membuat smoothie dengan mencampur beberapa jenis buah atau mengkombinasikan buah dan sayuran sehingga tercipta rasa yang lebih kaya. 

Dilansir dari Healthline, smoothie dapat diklasifikasikan ke dalam satu atau dua kategori, meskipun ada banyak kesamaan di antara keduanya yakni sebagai berikut

- Jus buah

Sesuai dengan namanya, smoothie jenis ini biasanya menyajikan satu atau lebih jenis buah yang dicampur dengan jus buah, air, susu, atau es krim. 

- Smoothie hijau

Smoothie hijau menggunakan bahan berupa sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang dicampur dengan air, jus, atau susu. Smoothie cenderung lebih banyak mengandung sayuran daripada smoothie biasa, meskipun sering kali mengandung sedikit buah untuk menambah rasa manis.

- Smoothie protein

Smoothie protein biasanya menggunakan bahan berupa campuran satu buah atau sayuran dan cairan, serta sumber protein utama seperti yogurt Yunani, keju cottage, tahu sutra, atau bubuk protein.

Selain itu, untuk mempercantik penampilan smoothie dan memperkaya cita rasa, di atas smoothie biasanya ditaburkan bubuk cokelat, potongan buah-buahan, meses cokelat atau potongan agar-agar. Simak kreasi resep membuat smoothie stroberi berikut.

1. Smoothie Stroberi Pisang

Bahan utama:

- 100 gr buah stroberi segar

- 1 buah pisang ambon atau cavendish ukuran sedang.

- 150 ml yoghurt

- 100 ml susu cair full cream

- 200 ml es batu yang telah dihancurkan

- 4 sendok makan susu kental manis atau sesuai selera tingkat kemanisan

- ½ sendok teh ekstrak vanila 

Cara membuat:

- Pertama, cuci bersih buah stroberi, kemudian kupas dan potong-potong, termasuk buah pisangnya juga

- Kedua, masukkan buah yang telah dipotong ke dalam blender bersama yoghurt, susu cair, es batu, susu kental manis, dan ekstrak vanila. 

- Terakhir, blender semua bahan hingga tercampur rata dan teksturnya halus.

- Smoothie stroberi pisang siap disajikan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."