Ini Manfaat Cuci Telur sebelum Disimpan di Kulkas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang menyimpan telur di bagian pintu kulkas, kamu termasuk? Bila iya, ternyata langkah itu keliru karena bisa mempengaruhi kualitasnya. 

Saat kulkas dibuka dan ditutup, suhu di sekitar telur yang disimpan di bagian pintu menjadi berubah-ubah karena terpapar udara di luar lemari pendingin. "Suhu tidak stabil bikin telur cepat rusak," kata Dokter spesialis gizi klinik Cindiawaty Pudjiadi dalam bincang-bincang daring pada Jumat, 1 Mei 2020 .

Tempat ideal untuk menaruh telur adalah di baki khusus dengan cerukan sehingga tiap butirnya aman. Lebih baik letakkan di bagian selain pintu kulkas, agar suhu telur tidak berubah-ubah saat lkulkas dibuka dan ditutup berkali-kali.

Bila Anda memutuskan untuk mencuci telur sebelum disimpan, maka lemari pendingin adalah tempat ideal. "Telur harus langsung dimasukkan ke kulkas sesudah dicuci," jelasnya.

Kualitas telur yang sudah dicuci di dalam kulkas bisa bertahan hingga dua pekan. Sementara telur yang tidak dicuci bisa bertahan lebih lama di kulkas.

Bukan masalah jika telur disimpan di suhu ruangan. Telur bisa bertahan hingga satu bulan di suhu ruangan, bila tidak dicuci. "Kalau telur dibersihkan (di suhu ruangan) harus segera dikonsumsi karena bagian pelindungnya hilang," tuturnya.

Ia juga memberikan kiat untuk memilih telur berkualitas, yakni cangkang yang bersih, permukaan halus, tidak bau, dan tidak retak. Telur merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk nutrisi tubuh, terutama di tengah pandemi virus corona.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."