8 Makanan Berikut Bantu Menjaga Kesehatan Gigi, Ada Jamur Shitake dan Stroberi

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

kesehatan

8 Makanan Berikut Bantu Menjaga Kesehatan Gigi, Ada Jamur Shitake dan Stroberi

Selasa, 2 November 2021 06:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rutin sikat gigi, berkumur,memakai benang gigi atau flossing hingga rutin pemeriksaan ke dokter gigi, ada sejumlah makanan yang membantu menjaga kesehatan gigi. Makanan tersebut bisa meningkatkan enamel, melawan penyakit gusi, mencegah gigi berlubang, dan membantu kesehatan gigi secara umum. 

“Diet sehat yang mengandung buah dan sayuran renyah akan membantu menghilangkan plak dari gigi Anda,” kata Dr. Marc Lowenberg, D.D.S. Lowenberg, Lituchy, dan Kantor dikutip dari laman Well + Good, Senin, 1 November 2021. “Diet rendah gula juga akan mengurangi jumlah plak yang menempel pada gigi Anda, yang menyebabkan pembusukan dan penyakit gusi.”

Penyebab terbesar kerusakan gigi, menurut Dr. Lowenberg, adalah makan makanan yang mudah menempel di permukaan. “Jika diet Anda terutama terbuat dari pasta dan roti, yang berubah menjadi gula, itu dapat berkontribusi pada kesehatan mulut yang buruk. Orang yang minum banyak minuman keras cenderung memiliki mulut yang lebih kering juga," jelasnya.

"Selain itu, menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol yang tinggi dapat menyebabkan bau mulut, jadi pastikan untuk selalu berkumur dengan air setelahnya.”

Meskipun tidak ada yang dapat menggantikan rutinitas membersihkan gigi, sederet makanan yang baik untuk gigi bisa membantu meningkatkan kebersihan gigi Anda.

1. Sayuran renyah

“Saya sarankan mengonsumsi sayuran renyah karena menghilangkan beberapa plak, yaitu zat bakteri yang menempel di permukaan gigi Anda,” kata Dr. Lowenberg. Tambah satu alasan lagi untuk menyukai wortel renyah, brokoli, paprika, dan bengkuang yang berair.

2. Produk susu

“Susu, yogurt, keju, dan produk susu lainnya sangat bagus untuk memperkuat email gigi dan melawan gigi berlubang, karena mengandung kalsium dan protein yang tinggi,” jelas Dr. Jeffrey Sulitzer, D.M.D., kepala petugas klinis di SmileDirectClub. Menurut National Institutes of Health (NIH), hampir semua kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi, di mana ia mendukung struktur dan kekerasannya. Kekurangan kalsium telah terbukti meningkatkan risiko kehilangan gigi.

3. Kacang

“Anda ingin mencari kacang yang bebas zat aditif, khususnya gula, dan yang tinggi serat dan kalsium, almond pilihannya. Baik juga membantu memperkuat email gigi,” kata Dr. Sulitzer.

Menurut American Dental Association (ADA), kacang juga bagus untuk gigi karena rendah karbohidrat. Manfaat lainnya adalah mengunyah kacang membantu merangsang produksi air liur, yang juga dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

4. Sayuran berdaun

“Sayuran berdaun, seperti selada romaine dan bayam, yang mengandung folat dapat memperkuat enamel, mencegah penyakit gusi, dan mengurangi peradangan gusi,” kata Dr. Sulitzer. Makanan kaya folat lainnya termasuk edamame, lentil, asparagus, dan kacang hitam.

5. Bawang merah dan bawang putih

“Banyak orang tidak tahu bahwa makanan super aromatik ini tidak hanya membuat hidangan Anda lebih enak, tetapi juga bermanfaat untuk gigi,” kata Dr. Catrise Austin, D.D.S., seorang ahli gigi di Listerine.

Dia menjelaskan bahwa bawang merah dan bawang putih memiliki sifat yang dapat menurunkan bakteri penyebab radang gusi, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan bau mulut. 

Ilustrasi jamur shitake, Freepik.com/Devmaryna

6. Jamur shitake

“Jamur shitake mengandung polisakarida — sejenis karbohidrat — yang disebut lentinan, yang mengatur sistem kekebalan tubuh dan memecah plak dan bakteri di mulut Anda untuk gusi dan gigi yang lebih sehat,” kata Dr. Austin. “Coba tambahkan jamur shitake ke omelet, sup, atau tumis sayuran campuran Anda untuk menuai manfaat kesehatan mulut.”

7. Salmon

“Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu membuat mulut Anda lebih tahan terhadap infeksi gusi tingkat lanjut dan secara mengejutkan dapat membantu gusi Anda sembuh lebih cepat selama perawatan penyakit gusi,” jelas Dr. Austin. “Ikan lain yang kaya omega-3 adalah makarel, tuna, cod, sarden, dan herring.”

8. Stroberi

"Percaya atau tidak, stroberi dapat menghilangkan noda dari gigi Anda," kata Austin. Stroberi memiliki asam yang disebut asam malik di dalamnya yang memiliki sifat pemutih yang unik. Hal yang sama berlaku untuk apel.

Baca juga: Mengunyah Hanya di Satu Sisi Bisa Bikin Tambah Karang Gigi, Ini Kata Dokter