5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Penguat Imunitas

Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

kesehatan

5 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Penguat Imunitas

Selasa, 22 Maret 2022 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah pepaya dikenal karena aromanya yang tidak sedap dan dagingnya yang manis dan lezat. Berkat sederet nutrisinya, pepaya telah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk nyeri haid dan haid tidak teratur, kurap, dan bahkan malaria. Sementara keefektifan penggunaan pengobatan khusus ini belum terbukti secara ilmiah, tidak ada keraguan bahwa buah ini memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kuat.

“Pepaya sarat dengan nutrisi utama yang membantu mendukung gaya hidup sehat secara keseluruhan,” kata Lauren Manaker MS, RDN, LD, ahli gizi berbasis di Charleston, dikutip dari laman Real Simple, Senin, 21 Maret 2022.

"Faktanya, satu buah pepaya kecil menyediakan lebih dari 100 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan orang dalam satu hari."

5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat pepaya untuk menjaga kesehatan tubuh

1. Pepaya kaya antioksidan dan beberapa vitamin

Selain kaya akan antioksidan, pepaya mengandung vitamin A, C, dan E, yang bekerja sama untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah oksidasi kolesterol, yang diperlukan untuk menempel pada arteri Anda. Ini juga dapat mengurangi peradangan, menjadikan pepaya sebagai tambahan yang cerdas untuk diet anti-rematik.

2. Pepaya kaya serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan usus

Pepaya kaya serat bermanfaat untuk mengatur pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Pepaya juga mengandung 88 persen air, yang membantu tubuh Anda terhidrasi.

Diet tinggi serat juga dikenal untuk mendukung gula darah yang sehat, membuat pepaya lebih bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Plus, sistem kekebalan Anda juga dipengaruhi di usus Anda, sehingga usus yang sehat dapat membuat Anda tetap sehat secara keseluruhan.

3. Pepaya adalah penguat sistem kekebalan tubuh

Berbicara tentang mendukung sistem kekebalan tubuh atau imunitas, pepaya telah digembar-gemborkan sebagai imunostimulan. Apa itu? Secara harfiah, imunostimultan adalah zat yang membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Zat tersebut adalah sumber beta karoten yang hebat, juga antioksidan yang telah terbukti mendukung kesehatan kekebalan tubuh. 

4. Pepaya dapat melindungi dari kanker tertentu

"Seperti makanan lain yang secara alami berwarna merah atau merah muda—bayangkan semangka dan tomat—pepaya mengandung karotenoid yang disebut likopen," kata Manaker. "Asupan likopen terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk dapat mengurangi risiko mengembangkan jenis kanker tertentu."

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker paru-paru, dan dapat membantu melawan sel kanker payudara, lambung, dan usus besar.

5. Pepaya adalah pelunak daging alami

Pepaya mengandung enzim papain, yang secara alami dapat memecah serat daging yang keras (Papain adalah alasan mengapa pepaya berbau sangat busuk.) Dengan manfaat antimikroba tambahan itu, ekstrak atau daun pepaya dianggap ideal untuk melunakkan daging.

Baca juga: Buah-buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Blueberry, Pepaya, dan Jeruk

REAL SIMPLE