Manfaat Lobak untuk Kesehatan dan Ragam Nutrisi yang Dikandungnya

Ilustrasi lobak

kesehatan

Manfaat Lobak untuk Kesehatan dan Ragam Nutrisi yang Dikandungnya

Sabtu, 12 Maret 2022 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lobak adalah sayuran yang sangat berserat juga kaya vitamin dan mineral penting bagi tubuh kita. Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Lobak adalah sumber vitamin C yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lobak lainnya adalah menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena penyakit tertentu. Selain itu, lobak mengandung nitrat, yang penting untuk kesehatan pembuluh darah kita.

Lobak juga memiliki senyawa yang disebut sulforaphane, yang dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Menurut sebuah studi tahun 2015, sulforaphane dapat mengganggu fungsi enzim tertentu yang berperan dalam perkembangan sel kanker.

1. Jenis dan Profil Rasa Lobak

Lobak seperti sayuran akar lainnya yaitu kentang, parsnip, dan wortel. Tak hanya warna putih, ada juga lobak berwarna ungu, hijau, hitam, dan merah.

Umbinya kerap dimasak. Enak juga dimakan mentah dengan cara diiris tipis-tipis. Seperti banyak sayuran akar lainnya, lobak memiliki sayuran hijau panjang yang sempurna untuk sup, saus, atau hanya ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun.

Dari segi profil rasa, lobak bervariasi tergantung pada saat dipanen dan bagaimana mereka disiapkan. Banyak sayuran akar, termasuk lobak, paling enak dinikmati saat dipanen pada musim gugur, tetapi bukan berati Anda tidak boleh membelinya sepanjang tahun.

Faktanya, Anda mungkin memperhatikan bahwa lobak lebih kecil dan lebih manis di bulan-bulan musim semi, yang menjadikannya alternatif kentang tumbuk yang ideal atau tambahan warna-warni untuk sayuran. Lobak yang lebih besar cenderung memiliki rasa pahit, tetapi masih bisa digunakan sebagai tambahan yang bagus untuk sup minestrone atau dipanggang sebagai lauk.

2. Ragam Pilihan Mengolah Lobak

Beragam cara mengolah lobak. Anda dapat memarut, mencincang, atau dinikmati mentah bersama sayuran lainnya di salad. Bisa juga direbus dan dihaluskan untuk sisi tepung yang lebih sehat, dipanggang hingga berwarna cokelat dan renyah, atau diasamkan sebagai camilan lezat dan renyah. 

3. Cara Menyimpan Lobak yang Benar

Jika disimpan dengan benar, lobak memiliki umur simpan yang lama. Setelah membeli seikat lobak, yang terbaik adalah memotong ujung hijaunya dan menyimpannya dalam kantong plastik selama sekitar satu minggu. Dalam minggu itu, jangan ragu untuk memasak dan menumis sayuran seperti yang Anda lakukan pada sayuran serupa. Lobak juga akan tetap segar di laci di dalam kulkas atau tempat gelap yang sejuk selama beberapa bulan.

Baca juga: Simak Sederet Khasiat Asparagus, Baik untuk Pencernaan, Tulang, dan Bumil 

REAL SIMPLE