Buah-buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Bluberry, Pepaya, dan Jeruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah penderita diabetes khawatir untuk makan buah-buahan karena cita rasa manis. Tentu sangat disayangkan jika Anda melewatkan manfaat buah untuk butuh. Di antara sederet khasiatnya, buah bisa mengurangi kadar gula dan peradangan hingga melawan tekanan darah tinggi. Hal itu terjadi berkat kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah dari buah.

Sebaiknya yang dilakukan penderita diabetes jangan menghindari buah, tapi memilih jenis buah yang tepat. Sebab makan buah-buahan adalah salah satu cara paling memuaskan untuk mengatasi keinginan mengidam santapan manis sambil memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Berikut sejumlah buah-buahan yang aman untuk penderita diabetes dilansir dari Times of India, Rabu, 29 September 2021.

1. Apel

Apel tidak hanya bergizi dan mengenyangkan, tetapi menurut sebuah penelitian, apel secara signifikan terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selalu ingat pepatah lama "Sebuah apel sehari menjauhkan dokter", yang berlaku sampai saat ini.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat dan mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral. Mereka juga tinggi serat dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

3. Pepaya

Buah pepaya kaya akan oksidan alami, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk penderita diabetes. Buah ini mampu mengurangi kemungkinan kerusakan sel di masa depan. Pepaya mengandung antioksidan alami seperti flavonoid, yang membantu mengatur gula darah.

4. Buah Beri

Menambahkan buah beri adalah salah satu cara terbaik untuk menambahkan variasi pada diet ramah diabetes Anda. Anda dapat memilih dari blackberry, blueberry, atau stroberi karena semuanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat.

5. Belimbing

Buah asam manis ini kaya akan serat dan vitamin C. Buah ini juga berdampak positif pada proses anti-inflamasi dan dapat membantu memperbaiki kerusakan sel, serta memiliki gula buah yang minimal.

6. Melon

Buah-buahan hidrasi yang kuat seperti melon direkomendasikan untuk penderita diabetes dan orang-orang orang-orang yang berisiko diabetes. Makan secukupnya untuk berbagai manfaat nutrisi seperti serat, kalium, magnesium, vitamin B, dan C.

7. Pir

Pir kaya akan nutrisi dan dikenal untuk melawan peradangan dan meningkatkan pencernaan. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi pir bersama dengan diet sehat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

8. Jeruk

Buah jeruk ini penuh dengan serat yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, dan komponen vitamin C-nya membantu meningkatkan tingkat kekebalan. Mereka juga merupakan pembangkit tenaga antioksidan seperti vitamin A, kalsium, magnesium, kalium dan serat. Tambahkan jeruk ke salad Anda untuk menikmati kebaikannya dengan taburan kayu manis, rasanya lebih enak dan mampu mengurangi lonjakan gula. Anda juga dapat menambahkan biji rami untuk menyeimbangkan beban glikemik dalam tubuh.

Jadi, bagi penderita diabetes jangan hindari buah, tapi bijaklah memilih buah yang aman untuk kadar gula darah Anda. Semoga sehat selalu, teman-teman Cantika.

Baca juga: Alami 3 Gejala Khas Diabetes Ini? Segera Cek Gula Darah Anda

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."