Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Vitamin C

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi nanas. wikipedia.org

Ilustrasi nanas. wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah nanas merupakan buah tropis yang selalu tersedia sepanjang waktu di Indonesia. Tak hanya segar, buah berwarna kuning ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Khasiat buah nanas berasal dari kandungan nutrisinya, seperti antioksidan dan enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Nanas dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, antara lain melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan mempercepat pemulihan setelah operasi.

Dilansir dari Helathline, nutrisi istimewa dalam buah ini adalah vitamin C dan mangan yang masing-masing sebesar 131 persen dan 76 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme, dan memiliki sifat antioksidan

Berikut ragam khasiat buah nanas.

1. Menangkal penyakit

Nanas merupakan sumber antioksidan, yaitu flavonoid dan asam fenolik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Banyak antioksidan dalam nanas terikat, sehingga memiliki efek tahan lama.

2. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease yang memecah molekul protein menjadi blok pembangunnya, seperti asam amino dan peptida kecil. Enzim ini dapat membantu pencernaan, terutama pada mereka yang mengalami insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

3. Mengurangi risiko kanker

Perkembangan sel kanker biasanya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya, seperti bromelain, dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan sehingga mengurangi risiko kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

5. Meringankan gejala arthritis

Kandungan bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, dalam nanas disebut dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi atau arthritis. Namun, tidak jelas apakah bromelain dapat menjadi pengobatan jangka panjang untuk gejala radang sendi. Diperlukan penelitian lebih lama sebelum merekomendasikan bromelain untuk meredakan gejala radang sendi.

6. Mempercepat pemulihan setelah operasi

Sifat anti-inflamasi bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi. Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya. Otot yang terkena tidak dapat menghasilkan tenaga sebanyak itu dan terasa nyeri hingga tiga hari. Protease seperti bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."