Tips Membuat Makan Bersama Anak Menyenangkan, Jangan Dipaksa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi bayi makan sendiri. Pixabay.com

Ilustrasi bayi makan sendiri. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu makan bersama anak terkadang menjadi tantangan hebat. Padahal makan bersama anak bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan bersama keluarga. Namun, tak jarang si kecil membuat waktu makan menjadi cukup menantang.

Mothercare melalui keterangan pers pada Minggu 20 Maret 2022, membagi kiat bagi orang tua untuk membuat suasana makan anak berjalan dengan baik. Pertama, ajak anak makan dan duduk bersama, sebab di usianya yang masih sangat kecil, anak lebih mudah menyerap apa yang dicontohkan oleh orang tuanya. "Karenanya, dengan makan bersama, anak akan melihat bagaimana cara makan yang baik dan benar dari orang tua maupun orang terdekatnya secara langsung," dalam keterangan pers itu.

Lebih lanjut, berikan menu makanan yang berbeda setiap harinya, agar anak tidak mudah bosan dan tidak pilih-pilih jenis makanan. Selanjutnya, siapkan dan hidangkan makanan menggunakan peralatan makan yang berbentuk lucu, unik, berwarna cerah, agar anak semakin tertarik saat akan menyantap makanannya.

Selain itu, orang tua juga perlu pilih produk alat makan anak yang aman atau bahan dasarnya tidak mengandung zat berbahaya saat digunakan.

Kiat selanjutnya dalam makan bersama anak, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Orang tua tetap perlu menyediakan porsi dan tekstur yang sesuai dengan kebutuhan usia anak.

Lalu, jangan distraksi anak saat makan dengan mainan atau kegiatan lain seperti menonton misalnya atau berjalan-jalan, beritahu anak sejak awal bahwa makan adalah kebutuhannya, dan biarkan anak makan dengan suasana yang menyenangkan.

Memilih produk alat makan dan minum yang akan digunakan anak merupakan salah satu keputusan penting bagi orang tua, sebab tak hanya fokus pada estetika produk, namun perlu memperhatikan bahan dasar dari produk itu sendiri.

Mothercare sebagai brand spesialis khusus Ibu dan Anak menghadirkan rangkaian weaning product dari Twistshake, mulai dari, dot, botol susu, botol minum, sendok dan garpu, serta perlengkapan alat makan anak lainnya. "Mothercare terus berinovasi dalam menyediakan produk-produk unggulan bagi kebutuhan para orang tua mulai dari mengandung hingga melahirkan, untuk memberikan yang terbaik kepada anaknya, termasuk peralatan makan dan minum susu, salah satunya lewat produk berkualitas keluaran Swiss, Twistshake," kata Senior Vice President for Baby, Kids & Toy Brands in Kanmo Group Vasudev Kataria.

Baca: Makan Bersama Keluarga Bantu Cegah Anak dari Psikososial, Ini 7 Manfaat Lainnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."