Psikolog Ungkap Cara Mencegah Baby Blues Syndrome, Pentingnya Minta Bantuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mengurangi stress. Freepik.com/fabrikasimf

Ilustrasi mengurangi stress. Freepik.com/fabrikasimf

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Fungsi keluarga, kualitas hubungan orang tua dan anak, serta kepuasan dalam keluarga merupakan beberapa faktor signifikan terhadap kebahagian anak. Secara umum, relasi sosial memiliki peran yang sangat besar terhadap kebahagian seseorang. Termasuk para ibu muda yang rentan mengalami baby blues syndrome atau post partum depression. 

Oleh karena itu, menurut Wendy Said, Psikolog Rumah Sakit Bethsaida turut anak yang bahagia diciptakan dari keluarga yang penuh kasih sayang, disiplin yang cenderung konsisten, konflik yang menunjukkan cara penyelesaian masalah, dan hubungan yang harmonis. Motherhood merupakan pengalaman yang sangat panjang dan besar, banyak perasaan dan emosi yang tersentuh ketika seseorang pertama kali menjadi ibu atau ayah. 

Rasa takut, cemas, senang, perubahan fisik, dan rasa lelah bisa membuat seseorang merasa kewalahan, sehingga terjadi perubahan mood yang dikenal dengan baby blues syndrome. Akan tetapi, baby blues syndrome yang berkepanjangan dengan kondisi seperti mood yang sering berubah, kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak, menjaga kebersihan pribadi, perasaan putus asa, atau kesulitan tidur, hal inilah yang disebut dengan post-partum depression". 

Wendy menambahkan salah satu cara yang terpenting untuk mencegah post-partum depression adalah dengan mengetahui batas dari kemampuan kita masing-masing dan mencari bantuan dari orang di sekeliling kita yang bisa dipercaya. Misalnya, orang tua, kakek, nenek, saudara, teman, pasangan, profesional, atau perawat dan sistem sosial yang ada di sekeliling kita. 

"Ibu dan ayah yang baru pertama kali menjadi orangtua bisa sama-sama belajar cara mengganti popok, membuat susu, atau menggendong bayi sebelum keluar dari rumah sakit. Dengan demikian, ibu ataupun ayah bisa beristirahat secara bergiliran, membagi tugas, menjaga kesehatan mental masing-masing, dan melindungi kebahagian si kecil," ujarnya melalui siaran pers, Senin, 4 Maret 2024. 

Keseruan Mothercare Shopping Race 

Mothercare menggandeng Aurel hermansyah dalam Mothercare Shopping Race 2024, Sabtu, 2 Maret 2024 di Tangerang/Foto: Doc. Mothercare

Sejak masa awal kehamilan, Mothercare sebagai ritel merek bayi terkemuka, dapat dipercaya menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan dalam mencari dan mempersiapkan barang-barang si kecil, calon orang tua, dan para orang tua. Hadir selama 17 tahun perjalanan di Indonesia, melewati berbagai fase baik sebelum dan setelah kehadiran si kecil, Mothercare tetap setia mendampingi serta mengajak para orang tua untuk bisa membuat banyak kenangan indah bersama si kecil. 

Mothercare Shopping Race pertama yang hadir di tahun ini untuk masyarakat terpilih atau pemenang dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi (Jabodetabek), Solo, dan Semarang mengusung tema 'My First Parenting Journey', yang berlangsung Mothercare Supermal Karawaci dan Mothercare The Park Mall Solo.

Vasudev Kataria, Senior Vice President for Baby, Kids & Toy Brands in Kanmo Group mengungkapkan konsisten dalam mendukung tumbuh kembang anak sedari masa kehamilan ibu, Mothercare tak henti-hentinya juga mengedepankan banyak kebaikan yang nantinya dirasakan oleh si kecil selamanya. 

"Lewat banyaknya program dan kegiatan positif dari Mothercare, kami berharap dapat memaksimalkan kebutuhan para orang tua dan anak-anak hingga usia 8 tahun dengan lebih mudah lewat satu tempat. Bertemakan 'My First Parenting Journey', Mothercare Shopping Race kali ini kembali memilih empat orang pemenang yang terbagi dari Jabodetabek, Solo, dan Semarang," ucap dia. 

Berkolaborasi dengan figur publik, Aurel Hermansyah, keempat pemenang Mothercare Shopping Race terpilih ang mendapat kesempatan langsung berbelanja di gerai Mothercare Supermal Karawaci dan Mothercare The Park Mall Solo. Berbekal voucher belanja senilai Rp5.000.000,- dalam kurun waktu 5 menit, setelahnya peserta diminta untuk menceritakan tujuan membeli produk-produk tersebut yang dikaitkan dengan 'My First Parenting Journey'. Mothercare Shopping Race kali ini bersamaan dengan bazar yang diadakan di Grand Atrium Supermal Karawaci mulai dari 27 Februari 2024 - 3 Maret 2024.

Figur publik, Aurel Hermansyah mengatakan acara Mothercare Shopping Race seru sekali karena dari sini menurut dia jadi bisa komunikasi langsung sama pelanggan, dan melihat betapa kreatifnya mereka tentang pengalaman mereka saat belanja. "Selain itu, antusiasme mereka justru bisa berbagi semangat kepada ibu-ibu di luar sana untuk mencari kebutuhan si kecil yang terbaik di satu tempat terlengkap," ucapnya. 

"Tidak ada waktu senggang lagi buat para orang tua mendapatkan kebutuhan si kecil di satu tempat dalam waktu sekejap, karenanya kami terus membawa banyak merek terkemuka hadir di Mothercare. Merek-merek besar dan jumlah produksi yang terbatas, membuat kami mengambil andil untuk bisa membawa dan mengenalkan langsung kepada para pelanggan setia secara eksklusif di seluruh gerai maupun website resmi Mothercare", tutup Vasudev. 

Pilihan Editor: Mothercare Shopping Race, Wujudkan Gaya Belanja Orang Tua

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."