Korban Perundungan saat SMP, Rianti Cartwright: Aku Sering Makan di Perpustakaan

Rianti Cartwright. Instagram.com/@riantic

ragam

Korban Perundungan saat SMP, Rianti Cartwright: Aku Sering Makan di Perpustakaan

Rabu, 16 Maret 2022 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Rianti Cartwright kerap membagikan keseharian atau pengalaman hidup melalui akun media sosialnya. Kesehariannya sebagai ibu satu anak menjadi topik utama unggahannya di Instagram. Namun, pekan lalu, ia mengisahkan masa remajanya. Ia mengungkapkan pernah dirundung atau di-bully saat sekolah menengah pertama (SMP).

"Jadi inget masa2 di bully sama temen3 cewe waktu middle school (smp). It was very hard, kalau inget suka gemes sendiri. But i have made peace with itu," tulisnya di Instagram Stories, Sabtu, 12 Maret 2022 disertai sub judul dari buku berbahasa Inggris yang sedang dibacanya.

Tampak sub judul itu memuat sejumlah kiat mengelola emosi saat jadi korban perundungan. Hingga saat ini, ia mengaku tak nyaman saat melihat sesama perempuan merundung dengan alasan bercanda.

Di unggahan keesokan harinya, Rianti mengisahkan lebih mendalam tentang perundungannya karena banyak warganet yang bertanya dan mencurahkan isi hati karena mengalami hal yang sama.

Saat SMP, Rianti adalah siswi di sekolah internasional. Menurutnya, ada satu siswi populer bersama teman-temannya memusuhi dirinya. Bahkan, teman-teman Rianti ikut menjauhinya.

Di masa-masa itu, Rianti kerap memilih makan di perpustakaan ketimbang di kantin karena tidak ada yang mau duduk bersamanya.

"I remember eating in the library a LOT because I couldn't face going to the canteen since nobody would sit with me,"  tulisnya.

Ia juga merasa tidak mungkin untuk melawan perundungan tersebut. Pertimbangannya, usia mudanya dan kemampuan ekonomi orang tuanya.

"Di kelas aku selalu yang paling kecil dan paling muda (masuk TKnya lebih awal) Terus rata2 teman sekelas anak expat yang very wealthy, sedangkan aku anak guru yang (dibandingkan dengan teman2 sekelas) biasa2 aja," tukas perempuan 38 tahun itu. 

Perundungan itu tak berlangsung lama, tapi membekas di ingatannya, kenang bintang film Ayat-Ayat Cinta itu. Seiring berjalannya waktu, teman-temannya kembali sadar dan berada di sampingnya. Lalu, ada satu teman yang merundungnya pindah sekolah mengikuti pekerjaan ayahnya.

"dan "teman" yang bully aku pindah sekolah karena bapaknya dipindahtugaskan ke negara lain (divine intervention)," ungkapnya.

Istri Cas Alfonso itu mengatakan baru mengungkap kisah perundungan yang dialaminya ke teman-temannya beberapa tahun belakangan. Dan, respons mereka beragam, ada yang juga pernah menjadi korban atau pelaku perundungan dengan berbagai latar belakang.

Dari pengalaman perundungannya, Rianti berusaha memetik pelajaran bahwa itu membuat dirinya lebih kuat dan semakin berempati. Ia juga mengungkapkan kerap teringat peristiwa itu saat membayangkan putrinya, Cara Rose Nainggolan, bersekolah nanti.

"Cm sekarang punya anak perempuan suka keinget dan jiwa protektif keluar," tandas Rianti Cartwright.

 Baca juga: Rianti Cartwright Cerita Lika-Liku Program Bayi Tabung