Rianti Cartwright Cerita Lika-liku Program Bayi Tabung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rianti Cartwright dan suaminya Cas Alfonso. (Youtube/Ca Ri Story)

Rianti Cartwright dan suaminya Cas Alfonso. (Youtube/Ca Ri Story)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rianti Cartwright tengah berbahagia. Ia mengumumkan kehamilannya melalui chanel YouTube Ca Ri berjudul "The Next Chapter of Our Journey IVF Part 2" pada Jumat, 28 Februari 2020. Ia menjalani proses bayi tabung pada kehamilan yang dinantinya selama hampir 10 tahun menikah.

Rianti Cartwright dan Cassanova Alfonso Nainggolan atau akrab disapa Cas menikah pada 17 September 2010. Keduanya memulai program bayi tabung sejak Maret 2019. Ternyata, proses bayi tabung yang mereka jalani tidaklah mudah. Di bulan Mei 2019, Rianti Cartwright menjalani transfer embrio, namun tidak berhasil. Akhirnya mereka sepakat untuk istirahat dari program tersebut.

Selama masa istirahat dari program itu, Rianti Cartwright disarankan teman-temannya menjalani akupunktur dan naturopati untuk membantu kelancaran proses bayi tabung dan kesuburan. Di sela-sela terapi, mereka juga memutuskan untuk traveling ke Sumatera Utara dan mencoba konsepsi secara alami.

"Kebetulan aku telat lagi nih seminggu, mulai lah pikiran-pikiran, tapi besoknya aku period. Tuhan, selama ini aku terlalu fokus kepada hal yang belum ku miliki, sampai lupa melihat berkat yang luar biasa yang Tuhan sudah kasih. Suami, pernikahan bahagia. Banyak hal bahagia lainnya," ucap Rianti Cartwright di kanal YouTube-nya.

"Babe you know I really really hope God will bless us children but if doesnt. You know I know it's not gonna be easy. I'm determined to be happy and determined to be fulfilled and determined just to be joyful, to be grateful everyday," lanjut Rianti.

Perlahan tapi pasti, Rianti Cartwright dan suami mengubah cara pandang mereka terhadap apa yang selama ini diharapkan. Kemudian pada awal November 2019, berbagai program perawatan kesuburan non medis yang dijalaninya berakhir. Mereka mencoba lagi melakukan transfer embrio. 

Cas Alfonso mengaku kali ini tak berharap lebih, ia hanya berserah diri pada Tuhan. "Zero expectation, kita berserah karena bukan kita yang menentukan tapi Tuhan," tutur Cas.

Dua minggu kemudian, Rianti Cartwright sengaja tidak ingin mencoba alat tes kehamilan. Namun, langsung memberanikan diri tes langsung ke klinik bayi tabungnya. "Lagi makan siang, ada WhatsApp dari klinik, ini bener enggak sih?" ujarnya. Akhirnya, Rianti Cartwright dinyatakan positif hamil.

Rianti pun memberikan kejutan pada suaminya saat ingin kembali ke klinik. Sang suami langsung menangis haru. "Hasilnya positif, sekarang sudah 18 weeks," kata aktris berusia 36 tahun itu. Di akhir video, Rianti dan suami meminta doa dari kerabat, teman, dan siapa pun yang sebelumnya sudah mendoakan agar diberikan kelancaran untuk kehamilannya.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."