Tips Mengatur Waktu ala Alyssa Soebandono, Mulai dari Menetapkan Skala Prioritas

Alyssa Soebandono meraih gelar master pada 2013 lalu saat usianya masih 21 tahun. Ia menematkan pendidikan S2-nya di Sussex University, Inggris dengan meraih predikat mahasiswa terbaik. Foto: Instagram

ragam

Tips Mengatur Waktu ala Alyssa Soebandono, Mulai dari Menetapkan Skala Prioritas

Selasa, 15 Maret 2022 18:05 WIB
Reporter : Antara Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Alyssa Soebandono cerita bagaimana tips mengatur waktu ketika perempuan sudah memiliki peran ganda, pada satu sisi berperan sebagai istri sekaligus ibu serta pada sisi lain sebagai perempuan berwirausaha atau berkarier.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan tugas-tugas yang menjadi prioritas terlebih dahulu sehingga tugas rumah tangga tidak terbengkalai serta tetap dapat bekerja atau menjalankan bisnis dengan baik.

"Pertama yang paling penting bagaimana kita memiliki prioritas di dalam kehidupan. Jadi kita tahu, ketika sudah menikah berarti kita memiliki tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu saat sudah memiliki anak-anak," kata Alyssa Soebandono dalam konferensi pers virtual, Selasa, 15 Maret 2022.

Sebagai contoh, Alyssa sendiri selalu menyiapkan kebutuhan dan kelengkapan sekolah anak-anaknya sebelum jam pembelajaran dimulai, mulai dari seragam, alat tulis, perangkat untuk zoom meeting, hingga makanan saat mereka beristirahat.

"Semua sudah diatur terlebih dahulu sehingga ketika kita harus melakukan kegiatan yang lain itu tidak bentrok semuanya karena sudah kita atur sedemikian rupa supaya semuanya bisa berjalan dengan baik," katanya.

Dengan pengaturan waktu yang tepat, Alyssa yakin perempuan dengan peran ganda bukan menjadi masalah selama bisa memiliki manajemen waktu yang baik.Untuk ibu yang ingin berwirausaha, ia juga menyarankan agar memanfaatkan ponsel sebagai sarana untuk menjalankan bisnis jika ingin tetap berada di rumah saja.

Alyssa Soebandono bersama suami Dude Herlino dan kedua putranya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Mahendra Harlino. Instagram.com/@ichasoebandono

Sementara itu, suaminya, Dude Harlino, mengatakan dirinya bersama Alyssa selama ini berkarier di industri hiburan yang hanya mengandalkan penghasilan dari setiap proyek yang datang. Jika tidak ada proyek, maka pasangan itu terpaksa harus menunggu.

Oleh sebab itu, Dude mengatakan dirinya mengambil inisiatif untuk memulai usaha atau bisnis online, bekerja sama dengan teman-temannya, sehingga penghasilan rumah tangga tidak hanya terpaku pada proyek di industri hiburan saja.

"Karena itu kami berpikir bagaimana untuk memulai sebuah usaha. Ada dua atau tiga jenis usaha yang pernah kami jalankan mulai dari restoran hingga baju secara online," ujarnya.

Senada dengan Alyssa, Dude juga berpendapat bahwa kehadiran platform social commerce, seperti Evermos, dapat membuka peluang yang lebih baik bagi orang-orang yang ingin mulai berbisnis namun ingin tetap berada di rumah, terutama dapat membantu istri dan ibu pebisnis.

Menurut Dude, tantangan yang dihadapi saat memulai bisnis cukup beragam mulai dari menangani karyawan, menjaga kualitas produk, hingga melakukan inovasi agar tetap relevan ketika menghadapi tuntutan perubahan.

"Harus berinovasi karena kita harus siap ketika ada sebuah perubahan. Itu kita bukan berarti kita tolak, tapi bagaimana kita menyesuaikan dengan keadaan. Ini sebetulnya yang menjadi tantangan besar," katanya.

Baca: Kunci Alyssa Soebandono Ajarkan Anak Patuhi Protokol Kesehatan